Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 85



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  85

Tanya :
Ada sebuah vihara di Hongkong yang dipimpin oleh seorang umat awam yang statusnya sebagai guru ceramah di vihara tersebut, memimpim umat melakukan kebaktian, memaksa umat untuk mengikuti materi pelajaran yang diajarkannya. Setahun yang lalu di dalam vihara ada seorang umat yang meninggal dunia, beberapa rekannya ingin membantunya melafal Amituofo, tetapi si guru itu malah memaksa harus melatih kesucian hati terlebih dulu, melarang mereka untuk melakukan Zhu Nian, bukankah ini tindakan yang tidak benar?

Jawab :
Masing-masing vihara ada peraturannya tersendiri, namun Zhu Nian amatlah penting. Zhu Nian, bukan saja orang yang meninggal dunia memperoleh manfaat, diri sendiri juga memperoleh manfaat. Menjelang ajal apakah berhasil atau tidak terlahir ke Alam Sukhavati adalah ditentukan oleh detik-detik ini, saat begini membantunya, dibandingkan dengan hari biasa hasilnya akan melebihi beratus-ratus kali lipat. Maka itu jasa kebajikan ini sungguh luar biasa.

Bila selalu membantu orang melafal Amituofo, maka kelak saat tiba giliran sendiri yang akan menjelang ajal, orang yang datang membantu kita melafal Amituofo juga akan banyak jumlahnya; jika menghalangi orang lain, menyarankan orang lain agar jangan pergi Zhu Nian, kelak tiba giliran sendiri, maka tidak ada orang yang datang membantumu melafal Amituofo, Hukum Karma memang sedemikian adanya, di dalam kitab Ajaran Tao juga dikatakan serupa, melakukannya sendiri menerimanya sendiri. Menanam benih baik, maka akan memperoleh buah akibat yang baik pula, maka itu bukan hanya harus memotivasi orang lain melakukan Zhu Nian, jika berjodoh maka diri sendiri juga harus pergi ikut membantu.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:香港某道場由一位老師講經,領導大眾修行,強調依我們的教材學習。道場有位道友一年前往生,有些同學想參加助念,可是老師強調要修清淨心,禁止大家去助念,這樣是不是如法?
答:每個道場有每個道場的作風,但是助念非常重要。助念,不但往生的人得利益,自己也得利益。臨終能不能往生就決定在這個時候,這個時候幫他一把,比平常效果多百倍都不止,所以功德非常殊勝。常常幫人助念,將來自己往生,來助念的人也會很多;阻止別人、勸別人不要去助念,將來往生的時候,沒有一個人來替你助念。業因果報就是如此,道家因果經上也常講,無不是自作自受。種好因,於自於他決定有好的果報,所以,不但要鼓勵別人助念,有機緣自己也要去。(摘錄自21-395-01

臨終助念答問
淨空法師主講