Senin, 11 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 137



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  137

Tanya :
Setelah seseorang meninggal dunia, dua atau tiga jam kemudian, sekujur tubuhnya akan menjadi keras dan kaku, tetapi praktisi pelafal Amituofo setelah meninggal dunia beberapa hari kemudian, mengapa tubuhnya masih lembut dan lentur?

Jawab :
Setelah seseorang meninggal dunia, umumnya setelah menghembuskan nafas terakhir, dua atau tiga jam kemudian sekujur tubuhnya jadi keras dan kaku, praktisi yang benar-benar melatih diri, setelah meninggal dunia meskipun telah melewati 7 hari, 14 hari, sekujur tubuhnya masih tetap lembut dan lentur. Sesungguhnya teori ini sungguh mudah dimengerti, manusia saat menghadapi ajal takut mati, sehingga jadi ketakutan, begitu muncul rasa takut, sekujur tubuhnya jadi tegang dan kaku, inilah alasannya. Setiap insan yang meninggal dunia, jika tubuhnya lembut dan lentur, ini menunjukkan bahwa dia pergi dengan tenteram, sangat bebas, sedikit takut pun tidak ada, takkan jatuh ke tiga alam penderitaan. Maka itu saat menjelang ajal, di sinilah detik-detik yang menentukan, begitu kepanikkan muncul, takut, maka masalah pun jadi besar! Inilah detik yang menentukan seseorang itu akan bertumimbal lahir di alam yang mana.

Pernah kami jumpai ada pasien yang telah meninggal dunia, beberapa jam kemudian, tubuhnya jadi keras dan kaku, wajahnya memancarkan penderitaan, sungguh tidak nyaman dipandang, namun jodohnya sangat unggul, bertemu dengan para sahabat Dharma yang membantunya melafal Amituofo, melafal sekitar tujuh hingga belasan jam kemudian, tubuhnya kembali menjadi lembut dan lentur, wajahnya juga jadi nyaman dilihat, hasilnya sungguh istimewa.

Kejadian serupa ini banyak dijumpai oleh mereka yang sudah sering dan berpengalaman dalam mengantar kepergian almarhum ke Alam Sukhavati.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:人死後兩、三個小時,全身就會僵硬,可是念佛人死後多天,身體為何還能保持柔軟?
答:人死了,通常一斷氣,兩、三個小時全身就僵硬,可是念佛人、真正有修養的人,死後甚至七天、十四天,身體還是柔軟的。其實這道理很淺顯,人在臨終的時候貪生怕死,會恐懼,這一害怕、一恐懼,全身就僵硬,就是這個道理。凡是走了之後全身柔軟,走得很安詳,走得很自在,一點恐懼都沒有的人,不會墮三惡道。所以在臨終關鍵的時候,如果一慌亂、一驚嚇,麻煩就大了!這真的是六道裡往哪一道去的關鍵時刻。
曾經遇過已經往生幾個小時,身體僵硬,面相很痛苦、不好看的人,但緣殊勝,遇到同參佛友給他助念,念了七、八個小時或十幾個小時,身體軟了,面孔變好看了,效果非常殊勝。這種事情,有不少去送亡、去助念的學佛同修都親眼看過,真的有作用。(摘錄自12-17-1080


臨終助念答問
淨空法師主講