Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 92



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  92

Tanya :
Berapa lama periode Antarabhava? Apakah setiap insan harus melewatinya? Kapan baru terlahir kembali?

Jawab :
Dimana letak perbedaan antara makhluk awam dengan Buddha dan Bodhisattva? Buddha dan Bodhisattva mengetahui darimana kelahiran itu berasal, lalu setelah meninggal dunia hendak menuju ke mana; sedangkan orang awam tidak tahu kelahiran itu berasal dari mana, matinya juga tidak tahu harus ke mana, maka itu begitu takut menghadapi kematian.

Buddha dan Bodhisattva sangat jelas akan hal ini, mengerti dan memahaminya, setelah kehidupan di alam ini berakhir, maka inilah yang disebut dengan kematian, yakni melepaskan tubuh kasar. Tubuh kasar ini bukanlah diriku yang sesungguhnya, tubuh kasar itu ibarat sehelai baju, baju sudah rusak, kotor, maka harus dibuang, jangan lagi memakainya, gantilah dengan sehelai baju yang baru.

Semua orang tahu bahwa di dalam enam alam tumimbal lahir, setelah melepaskan tubuh lama, maka akan memasuki periode Antarabhava dalam kurun waktu 49 hari akan bertumimbal lahir, lalu memakai satu tubuh yang baru, maka itu tidak ada kematian.

Periode Antarabhava akan berlangsung selama 49 hari, orang yang terlalu jahat dan terlalu baik tidak perlu melewati periode ini. Di dalam sutra Buddha dijelaskan secara rinci, orang yang terlalu baik begitu menghembuskan nafas terakhir langsung terlahir di alam surga; orang yang terlalu jahat langsung jatuh ke neraka; sedangkan orang yang sedang-sedang ini masih perlu bertatap muka dengan Raja Yama dan para hakim peradilan alam baka.

Selama kurun waktu 49 hari, alayavijnana terlahir kembali tidak tentu waktunya, paling lama 49 hari, yakni tujuh kali tujuh hari, sudah akan terlahir kembali, mengganti dengan tubuh yang baru. Orang yang baik hati, semakin berganti semakin bagus tubuh yang diperoleh; sebaliknya orang yang tidak baik, yang berbuat jahat, semakin berganti tubuh yang diperoleh semakin buruk, berganti jadi tubuh hewan, berganti tubuh setan kelaparan, lebih buruk daripada tubuh manusia. (Petikan 12-17-1053)

Pada umumnya dalam kurun waktu 49 hari alayavijnana akan terlahir kembali, tidak tahu akan bertumimbal lahir di alam yang mana, juga ada yang setelah melewati kurun waktu 49 hari, alayavijnana tidak terlahir kembali, bahkan hingga beberapa tahun, beberapa puluh tahun juga tidak bertumimbal lahir, tetap berada dalam kondisi Antarabhava. Hal ini karena alayavijnana terlampau melekat pada tubuh kasarnya, tidak rela meninggalkan tubuh kasarnya, mereka tidak pergi bertumimbal lahir, menjadi setan penjaga mayat, kebanyakan tinggal di dalam kuburan; ada juga yang tidak merelakan rumahnya, juga tidak pergi bertumimbal lahir, akhirnya menjadi hantu rumah.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:中陰身有多長?一定有中陰身嗎?什麼時候會去投胎?

答:眾生跟佛菩薩差別在哪裡?佛菩薩知道生從哪裡來,死到哪裡去;凡夫不曉得生從哪裡來,死到哪裡去,所以對死亡會恐懼。佛菩薩清清楚楚、明明白白,在這個地方死了,那不叫死,是身捨掉。身不是我,身就像衣服一樣,衣服穿破、穿髒、穿壞了,把它脫掉,不要了,再換一件新的。諸位都曉得六道輪迴,身捨掉,通常會在四十九天內投胎,又得一個新的身體,所以沒有死。
這四十九天是中陰身,大善大惡的人不用經過中陰。佛經上講得很清楚,大善的人一斷氣馬上生天;大惡的人墮地獄,立刻就去;小善小惡的人還要跟閻羅王、跟判官見見面。
投胎,佛家講往生,時間長短不一,最長的是四十九天,七個七,大概都會投胎去,又換一個身體。心行善的人,身體愈換愈好;心行不善的人、造惡的人,身體就愈換愈差,換畜生身,換餓鬼身,比人身還要差。
(摘錄自12-17-1053

絕大多數在四十九天內都會轉世,不知又輪迴到哪一道去了,也有少數在七七日內沒有投胎,甚至幾年、幾十年都不投胎,都在中陰狀況。這是特別執著身體、捨不得離開身體的人,他們不去投胎,變成守屍鬼,多數住在墳墓裡;也有對房子捨不得,往往也不去投胎,房子就變成鬼屋。(摘錄自14-12-27

臨終助念答問
淨空法師主講