Kamis, 07 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 135




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  135

Tanya :
Apa itu sarira? Setelah jasad diperabukan akan muncul sarira, apakah ini membuktikan bahwa almarhum telah terlahir ke Alam Sukhavati? Bagaimana caranya dapat mengetahui apakah almarhum telah terlahir atau belum ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Sarira berasal dari Bahasa Sanskrit, yang juga disebut sebagai relik, ini merupakan salah satu mujizat, umumnya berkaitan dengan ketrampilan samadhi. Sedangkan bagi praktisi pelafal Amituofo sarira berkaitan dengan kesucian pikiran, pikiran semakin suci maka kekuatan samadhi semakin mendalam, sarira semakin banyak semakin bagus.

Setelah diperabukan muncul sarira, hal ini tidak ada kaitannya dengan keberhasilan terlahir ke Alam Sukhavati, tidak bisa membuktikan bahwa seseorang itu telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, yang paling bisa diandalkan adalah saat menjelang ajal bertemu Buddha Amitabha, melihat Tiga Suciwan Alam Sukhavati datang menjemput, si pasien mengatakannya sendiri bahwa “Buddha Amitabha telah datang menjemputku”, maka ini memiliki kepastian, dan lagi terjalin dengan pengamalan dan pelatihan diri dalam keseharian, maka ini dapat dipastikan telah terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah buktinya, sedangkan hal lainnya atau ada orang lain yang melihat sesuatu, juga tidak bisa diandalkan.

Sesungguhnya, pada jaman berakhirnya Dharma banyak sekali kejadian aneh, sarira juga bisa dipalsukan, bahkan jasad saja ada yang palsu, bukan asli. Jika sarira tampaknya sangat indah, namun dengan tangan menekannya bisa hancur, maka ini bukan asli; jika yang asli, tidak bisa hancur meskipun dipukul dengan palu. Masa kini banyak sarira yang tidak melalui uji coba, begitu diuji maka yang palsu banyak sekali, sedangkan yang asli sangat langka!

Fenomena ini adalah Mara datang mengacau, karena banyak insan yang suka mujizat, maka Mara mendapat kesempatan untuk membuat lakonan, memperlihatkan padamu benda-benda ini sehingga anda jadi terpikat, maka itu harus menggunakan akal sehat dalam menghadapi persoalan sedemikian, jangan pakai perasaan.

Banyak praktisi yang tidak sudi meninggalkan sarira juga tidak sudi meninggalkan jasad untuk dijadikan kenangan, maka itu tidak memiliki sarira juga bukan masalah.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:舍利是什麼?人死後燒出舍利子,是否證明其往生極樂?如何方能辨別往生與否?
答:舍利是梵語,翻成中文叫堅固子,這是一種感應,多半與定功有關。以念佛人來講與清淨心有關,心愈清淨,定力愈深,舍利就結得愈多愈好。燒出舍利與往生沒有關係,不能證明往生,最可靠的是往生的時候見到佛,見到西方三聖來接引,自己講「佛來接引我了」,這就很可靠,而且與一生的行誼及平常修行的功夫相應,那肯定是往生,這是真往生的證明,其他的或是別人看到什麼,都靠不住。
實在講,末法時期怪事太多了,舍利可以仿冒,連肉身也有仿冒,不是真的。如果舍利看起來很漂亮,手用力一壓就破掉,那不是真的;真的,連鐵鎚都敲不碎。現在有很多舍利都是沒有經過試驗的,一試驗,假的太多了,真的希有!會有這種現象是魔來擾亂,既然大家喜歡這個,魔就趁機變個把戲,搞些東西給你看看,迷惑你,所以對這些事情要理性的看待,不要感情用事。很多修行人不願意留下舍利,也不願意留肉身給人做紀念,所以有沒有舍利,沒有關係(摘錄自21-045-01

臨終助念答問
淨空法師主講