Sabtu, 26 Juli 2014

Yang perlu diketahui oleh pelaksana Zhu Nian 01



Yang perlu diketahui oleh pelaksana Zhu Nian
(Bagian 1)

1.     Membangkitkan ketulusan membantu orang lain melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, yang juga turut membantu Tathagata dalam menyelamatkan para makhluk untuk mengakhiri tumimbal lahir, kita menjalankan karir agung untuk menyelamatkan para makhluk, pasti harus serius dalam menjalankannya, jangan sampai melakukannya dengan setengah hati, sehingga merusak daya upaya orang lain untuk mengakhiri tumimbal lahir. Harap mawas diri!

2.     Setiap datang ke rumah orang untuk membantu melafal Amituofo, terlebih dulu mengumpulkan sanak keluarganya, menjelaskan bahwa orang awam saat menjelang ajalnya, merupakan detik penting yang menentukan apakah dia terlahir di alam baik atau malah jatuh ke alam rendah, tanggungjawab ini ada pada kalian sanak keluarganya, sebagai sanak keluarga, jika ingin pasien terlahir di alam baik, maka harus mendengarkan arahan kami, sedikitpun tidak boleh bertentangan, maka dapat memastikan pasien berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

3.     Anggota Zhu Nian ketika sampai di kamar pasien, harus menunjukkan sikap yang tulus pada  pasien, nada bicara harus damai dan harmonis, pasien yang melihat dan mendengar, di hatinya takkan timbul kecurigaan. Terlebih dulu memuji kebajikan yang dilakukan oleh pasien dalam keseharian, sehingga timbul sukacita di hati pasien; kemudian menjelaskan dengan segala upaya kausalya, sehingga hati pasien merasa damai dan timbul keyakinan dan tekad untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Anggota Zhu Nian saat melihat pasien, seharusnya menganggap pasien sebagai sanak keluarga sendiri, haruslah diketahui bahwa di dalam satu kehidupan ini mungkin dia bukan sanak keluarga sendiri, namun pada satu atau dua atau tiga masa kehidupan yang lampau, mungkin saja pernah menjadi satu keluarga. Membantu pasien melafal Amituofo, andaikata dapat menganggpnya sebagai sanak keluarga sendiri, maka hati yang membantunya melafal Amituofo, akan lebih tulus dan serius.

4.     Di dalam kamar pasien, selain memberi ceramah pada pasien, maka tidak diperbolehkan membicarakan topik lain pada pasien, juga tidak diperbolehkan mengobrol dengan orang lain, untuk menghindari bila pasien mendengarnya jadi hilang konsentrasinya, melupakan pikiran benar.

Jika ada kerabat, tetangga yang datang membesuk, anggota Zhu Nian perlu bertanya padanya : “Apakah anda datang untuk membantu pasien melafal Amituofo?” Jika iya maka harus mendengarkan arahan pelaksana Zhu Nian agar tidak menimbulkan rintangan; jika tamu itu bukan bertujuan membantu melafal Amituofo, maka jelaskan pada sanak keluarga untuk mempersilahkan dan meladeni tamu di ruangan lainnya, daripada nantinya jika tamu dan pasien bertatap muka lalu timbul perasaan rindu, menghambat pikiran benar. Ini adalah tanggungjawab pelaksana Zhu Nian, jangan takut orang lain jadi tak senang pada kita. Jika demi harga diri atau demi menjaga hubungan baik, sehingga menyebabkan pasien kehilangan pikiran benar, dan tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini telah melanggar tekad Buddha untuk menyelamatkan para makhluk, juga sudah tidak sesuai dengan tujuan dari Zhu Nian lagi.
  

Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

助念人應該瞭解的幾點

()


一、發心幫助他人念佛往生西方,就是替代如來擔任度化眾生了生脫死的一大責任。我們執行這個救度眾生的大事業,必定要切實認真行事,切切不可敷衍了事,錯誤他人了脫生死的大事因緣。謹慎!謹慎!

二、凡到病人家裏來助念,先須召集親屬,說明凡人臨終,乃超升和墮落的最要關頭,這個責任是在你全家親屬的身上,你們做家眷的人,若要使病人超升,不致墮落者,必須一一都要聽從我們助念的指導,一點不可違反,那就保證臨終的人,必定往生西方極樂世界。

三、助念的人到了病人房裏,對病人的態度要誠懇,說話要平和,病人聽到見到,心裏就不會懷疑了。先要讚美病人平素的善行,使令病人心生歡喜;其次再說種種善巧的法子,使令病人心生安樂和生起求生西方的正信。助念的人看見病人,應該把他當作自己的親屬想,要曉得在這生,雖然不是真實親屬,或一生、二生、三生前,也許做過親屬,不能全說沒有。助念的人,若能將病人當作自己親屬想,那幫助念佛的心,就比較親切得多了。

四、病房裏頭,除對病人講開示外,其餘一切的人、一切的話,不准對病人接談,也不准在病房裏閒談雜話,免得病人聽到分心,忘失正念。如有親戚鄰居,欲來探望病人者,助念的人,須要問他:「你來是為幫助病人念佛不是?」若是的話,便須聽助念的人指導,免得發生妨礙;若不是來為幫助念佛的,那就隨時對眷屬說明,領客人到別的處所去招待,免得病人相見,發生情念,妨礙正念。這是助念人的責任所在,不可怕難為情的。若是為面子人情的緣故,妨礙病人忘失正念,不得往生者,那就是違反我佛度生的本懷,也不合於助念的宗旨了。