Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 122




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  122

Tanya :
Saat sekarang banyak pasien yang menderita penyakit pikun (Alzheimer) dan koma, andaikata saat menjelang ajal membantunya melafal Amituofo, apakah dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Ini tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati. Syarat terpenting dari terlahir ke Alam Sukhavati adalah pada saat menjelang ajal harus memiliki kesadaran yang jelas, jika tidak demikian maka akan dituntun kekuatan karma; andaikata kesadaran tidak jelas namun juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati, maka tak perlu melafal Amituofo lagi, Buddha Amitabha maha maitri maha karuna, menjemput semua insan maka masalah jadi selesai.

Penyakit ini disebut sebagai penyakit rintangan karma, menderita penyakit ini sangat merepotkan, hanya ada satu cara untuk terselamatkan yakni saat penyakitnya agak ringan, nasehatilah dia agar bertobat, memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, barulah dapat kembali ke jalan yang benar; sedangkan saat penyakitnya parah kondisinya sudah pikun, menasehatinya juga tiada gunanya, orang lain membantunya memupuk jasa kebajikan sungguh sulit.

Kecuali bisa serupa Putri Jyotinetra dan Putri Brahmana melatih diri mencapai tingkatan kesucian, barulah dapat menyelamatkannya, karena demi menyelamatkan almarhum barulah giat melatih diri, adalah melatih diri demi almarhum, maka mencapai kesucian juga karena bantuannya; andaikata dia tidak jatuh sakit, tidak jatuh ke alam penderitaan, maka anda tidak melatih diri, tidak mencapai kesucian. Diri sendiri jika tidak memiliki ketrampilan sedemikian, hanya membaca beberapa gulungan sutra, melafal beberapa lafalan Amituofo, ini tidak ada gunanya, hanya menghibur diri sendiri saja, terhadap dirinya tidak efektif.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:現代很多人得老人痴呆症及植物人,若臨終時為他助念,能否往生?
答:這不能往生。往生最重要的一個條件是臨終時神智清楚,否則就會隨業流轉;如果神智不清都能往生,那就不要念佛了,阿彌陀佛大慈大悲,把大家統統都接去就好了。
這種病叫業障病,得這些病很麻煩,唯一救助的方法,是在病輕的時候,勸他真正懺悔、斷惡修善,才能回頭;病重的時候已經痴呆,勸也沒用,別人替他修功德非常困難。除非能夠像光目女、婆羅門女那樣修行證果,才能救他,因為是為了救他才發憤努力認真修學,是為他修的,所以證果是他幫助的;他要不生病、不墮落,你就不修行、不證果。自己如果沒有這樣的功夫,只是念幾卷經、念幾聲佛號,那是沒用的,自我安慰而已,對他產生不了效果。(摘錄自21-045-01

臨終助念答問
淨空法師主講