Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 72



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  72

Tanya :
Umat berkeluarga membantu anggota Sangha melafal Amituofo, ketika melihat pasien tidak memenuhi syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, juga tidak menemukan orang yang bisa memberi ceramah, apakah umat awam boleh menasehati anggota Sangha agar melepaskan semua kemelekatan, dan menguatkan keyakinan hati untuk terlahir ke Alam Sukhavati, harus menfokuskan pikiran melafal Amituofo, apakah ini dibenarkan?

Jawab :
Benar. Saat umat awam membantu melafal Amituofo, juga harus mengingatkan anggota Sangha, bila anda dapat mengingatkan beliau, maka anda juga adalah Buddha dan Bodhisattva, benar-benar dapat membantunya. Ini adalah detik-detik yang menentukan, asalkan melihat perhatiannya tidak terpusat, maka beberapa kalimat ini lebih penting dari apapun. Jangan sampai dipanikkan oleh penampilannya sebagai anggota Sangha, ini menunjukkan anda sama sekali tidak memahami Buddha Dharma.

Di dalam sutra sudah tercantum bahwa Buddha Dharma adalah Dharma yang setara, baik dalam teori maupun pengamalan juga adalah setara. Empat jenis siswa Buddha harus saling bantu membantu, apalagi dalam era kekacauan ini, anggota Sangha sangat kesusahan, juga sangat memprihatinkan, meskipun telah meninggalkan keduniawian, namun apakah benar-benar memiliki kesempatan untuk mendengar Dharma murni, memahami Dharma murni dan melatih Dharma murni, merupakan tanda tanya.

Maka itu bila bertemu dengan jalinan jodoh serupa ini, haruslah membantunya, jangan ada keraguan.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:在家居士為出家師父助念,當發現不具備往生條件,又沒有任何人開示時,在家居士能否向出家師父講要萬緣放下,堅定求生西方極樂世界的信心,要一心念彌陀聖號,這樣做如不如法?
答:這樣非常如法。在家人助念的時候,也要提醒出家人,你能夠提醒他,你就是佛菩薩,真的幫他一把。這是關鍵時候,只要看到他意志精神不集中,這幾句話比什麼都重要。千萬不要被出家的形象嚇到,那你對佛法是一竅不通。佛法經典都講佛法是平等法,理上平等,事上也平等。四眾同修要互相幫忙,尤其是在這個亂世時代,出家人很辛苦,也很可憐,雖然出了家,是不是真正有機會聽到正法、了解正法、修持正法,都有許多問號在。所以遇到這樣的機緣,一定要幫助,決定不要疑惑。(摘錄自19-12-237

臨終助念答問
淨空法師主講