Rabu, 23 Juli 2014

Hal yang perlu diperhatikan sanak keluarga 02



Hal yang perlu diperhatikan sanak keluarga
(Bagian 2)

4. Orang awam saat menjelang ajalnya, memiliki kemungkinan untuk terlahir ke Alam Sukhavati, atau tiga alam baik (Alam Dewa, Alam Manusia dan Alam Asura), atau tiga alam penderitaan (Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Alam Neraka). Andaikata sanak keluarga membantu pasien melafal Amituofo, ini adalah mengantar kesadaran (vijnana) nya terlahir ke Alam Sukhavati menikmati kebahagiaan menakjubkan yang tiada batasnya; tetapi jika di hadapan pasien malah menangis tersedu-sedu atau menjerit-jerit memilukan, maka ini adalah mendorong kesadarannya jatuh ke tiga alam penderitaan, menjalani penderitaan untuk jangka panjang. Haruslah diketahui sebagai sanak keluarga, disinilah bisa tampak jelas, apakah berbakti atau tidak, apakah benar menyayangi atau tidak, apakah benar mengasihi atau bukan.

5. Harus yakin pada isi sutra, andaikata jatuh ke tiga alam penderitaan, maka kesengsaraan yang akan diterimanya, sungguh tak habis dikatakan, waktu hukuman yang akan dijalani juga panjang dan lama. Alam Neraka paling menderita, sehari semalam, harus mengalami sepuluh ribu kali mati, sepuluh ribu kali hidup. Penderitaan setan kelaparan, panjang waktunya adalah ratusan bahkan ribuan bahkan puluhan ribu kalpa lamanya, hingga kata “air” juga tidak pernah didengarnya, apalagi memperoleh makanan? Binatang juga menderita, dibunuh dan dimakan manusia. Apabila setelah menjalani penderitaan selama lima ribu kalpa besar, barulah dapat terbebas, maka tidak tahu lagi itu adalah kapan.

Tetapi bila terlahir ke Alam Sukhavati, setiap hari dapat mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, bersahabat dengan Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, apa yang dilihat mata adalah keindahan yang menakjubkan, apa yang didengar telinga adalah irama kebahagiaan, hal yang membahagiakan takkan usai disebutkan. Juga sempurna akan kemampuan gaib, untuk menyelamatkan sanak keluarganya, datang dan pergi sesuai dengan kehendak hati, bebas tanpa rintangan, bahkan dalam satu kelahiran dapat mencapai KeBuddhaan.

Maka itu, setiap insan harus berpikir dengan seksama, di penjuru barat ada alam yang begitu bahagia tiada batasnya, siapa yang tidak ingin membantu ayahbunda sanak keluarganya melafal Amituofo mengantar mereka terlahir ke Alam Sukhavati untuk menikmati kebahagiaan! Sedangkan alam binatang, alam setan kelaparan dan alam neraka, yang memiliki penderitaan yang tak terhingga dan tak terbatas, diri siapa pula yang tega menggunakan hati yang beracun mengantar ayahbunda sanak keluarganya ke tempat ini, menangis dengan pilu mendorong mereka jatuh ke tiga alam penderitaan agar mereka menjalani kesengsaraan di sana? Kita semua harus tahu bahwa saat orang awam menjelang ajal, kesempatan untuk terlahir ke Alam Sukhavati atau malah jatuh ke  tiga alam penderitaan, tanggungjawab ini, sebagian besar terletak pada sanak keluarganya.

6. Andaikata si pasien pada kesehariannya telah melafal Amituofo dan memiliki tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini yang paling bagus. Jika tidak ada keyakinan atau tidak tahu melafal Amituofo dan tidak tahu membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, sebagai sanak keluarga sepatutnya menjelaskan pada pasien: “Tidak selamanya bisa terlahir menjadi manusia, ada enam alam tumimbal lahir, tiga alam penderitaan mengandung kesengsaraan yang ekstrim, dan juga yang paling mudah berkesempatan jatuh ke sana. Sedangkan Alam Sukhavati merupakan alam yang paling bahagia. Di Alam Sukhavati tidak ada tiga alam penderitaan, juga tidak ada enam alam tumimbal lahir. Penduduk Alam Sukhavati menjelma dari bunga teratai, bunga teratai yang didudukinya, lembut, harum, luas dan lapang, indah sedap dipandang mata dan bercahaya cemerlang. Penduduk Alam Sukhavati, segala makanan akan muncul sesuai dengan keinginannya. Demikian juga dengan pakaian juga akan muncul sesuai dengan keinginan. Kebahagiaan yang dinikmati oleh penduduk Alam Sukhavati, takkan habis diungkapkan. Bila anda membangkitkan niat melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka pada saat menjelang ajal, Buddha Amitabha akan memegang sekuntum bunga teratai besar di tanganNya, datang ke hadapanmu, menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati, setelah terlahir di Alam Sukhavati, maka kebahagiaan yang dinikmati takkan usai diungkapkan. Asalkan anda membangkitkan tekad melafal Amituofo maka pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati”.

Demikianlah sanak keluarga menyampaikan hal ini kepada pasien setiap hari sebanyak tiga kali, cara penyampaiannya, jangan tergesa-gesa, namun dengan suara yang tenang. Harus diketahui bahwa pikiran pasien sangat mudah timbul kegelisahan, juga takut akan kerisauan, jika pasien sudah yakin, maka jangan menasehatinya lagi. Selanjutnya hanya menasehatinya untuk menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati.


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao
  



   

眷屬應該注意的各種事項

()

四、凡人到了臨終的時候,即是西方的聖道,和天上、人間、修羅的樂道,及畜生、餓鬼、地獄的苦道分判的時候。眷屬人等,若是幫助病人念佛,那就是送他的神識往生西方的聖道去享受無量的妙樂;設使對著病人,悲哀啼哭或叫喊等,那就是推他的神識墮落畜生、餓鬼、地獄的三種苦道裏,受永久的痛苦。要曉得做眷屬的人,就是在這個地方分別清楚,是孝順不是孝順,是親愛不是親愛,是慈愛不是慈愛了。

五、應當要相信佛經上所說,若是墮落到畜生、餓鬼、地獄三種惡道裏去,那所受的痛苦,真是說不盡了,受苦的時間也是長遠得不得了。地獄最苦,一日一夜,須受過一萬次死,一萬次生。餓鬼的苦,百千萬劫的長遠,連漿水的名字,也不能聽到過,何況得食?畜生亦苦,抽腸破肚,供人口腹。若是等到這五千個大劫的罪苦,受滿以後,才能出離,那麼不曉得是幾時了。設使生到西方去,每日聽阿彌陀佛講經說法,同觀世音菩薩,大勢至菩薩,做良好的朋友,眼所看見的,都是莊嚴的妙色,耳所聽著的,儘是微妙的雅音,那享受快樂的事情,真是說不盡了。又都具足神通道力,要來度化我們大家的眷屬,說要來就來,要去就去,都是如意自在的。並且一生就可以成佛。所以我們每個人,都要詳細的想一想,那西方有這樣的無窮無盡的快樂,誰人不肯發心幫助自己的父母人等念佛送往生西方受享快樂呀!那畜生、餓鬼、地獄有這樣的無量無邊的苦惱,誰人肯用毒心對著自己的父母人等,悲哀啼哭推落墮入畜生、餓鬼、地獄三惡道裏去受苦呢?我們每個人都要曉得凡人臨終的時候,或生西方,或墮落畜生、餓鬼、地獄,這個責任,大半是在做眷屬的人身上。

六、凡病人在平時已有念佛求生西方的願心的,那就最好了。若是沒有信心或不曉得念佛求生西方者,我們做眷屬的人,應當對病人講明白「做人是沒有永久做人的,有六道輪迴生死的。地獄三途是苦得很,也最容易墮落。再說西方最最快樂。西方極樂世界裏,是沒有地獄三途的,也沒有六道輪迴生死的。西方的人民,是由蓮花裏頭生出來的,所坐的蓮花,又柔軟、又香潔、又大朵、又好看、又光明。西方的人民,要想吃什麼最好的東西,就有什麼最好的東西來。要想穿什麼最好的衣服,就有什麼最好的衣服到。西方人民所受的快樂,真是說不完了。你若發心念阿彌陀佛的名號,切願要求生西方去,那麼到了臨終的時候,阿彌陀佛手執大朵的蓮花,就來到你的面前,迎接你往生西方去,生到西方,那就有享不完的快樂。你肯發心念佛,決定能往生西方的。」做眷屬的人這樣的每日對病人說三次,說的方法,不可急躁,須要平平和和的勸導。要曉得病人的心,是最容易動惱的,也很怕煩惱的,如病人已經相信了,就不可再勸導。以後就只專門勸他一心念佛,求生西方就是了。