Selasa, 29 Juli 2014

03 Kapan kesadaran meninggalkan tubuh kasar



Kapan kesadaran meninggalkan tubuh kasar



Cepat lambatnya alaya-vijnana meninggalkan tubuh kasarnya, erat hubungannya dengan perilaku almarhum sewaktu masih hidup. Singkat kata, alaya-vijnana dari orang yang sangat baik dan sangat jahat akan paling cepat meninggalkan badannya, sedangkan alaya-vijnana orang yang tidak terlalu baik dan tidak terlalu jahat agak lama meninggalkan badannya.

Misalnya orang yang setia serta berbakti kepada negara dan orang tua, berjiwa welas asih, tidak suka membunuh, suka menolong makhluk lain, orang seperti ini karena kekuatan pikiran benarnya, langsung terlahir di alam bajik (Alam Dewa dan alam manusia), maka itu alayavijnana-nya cepat meninggalkan tubuhnya.

Begitu pula orang yang sangat jahat, kejam biadab, durhaka, banyak melakukan pembunuhan, karena batinnya kotor, ia akan langsung terjerumus ke alam yang rendah (alam binatang, alam setan kelaparan dan alam neraka), maka alayavijnana-nya juga cepat meninggalkan tubuhnya.

Praktisi yang menfokuskan pikiran melafal Amituofo dan memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, atau yang melatih Dhyana dan berhasil keluar dari Triloka, diantaranya ada yang mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, atau memasuki samadhi dan meninggal dunia, tentu saja alayavijnana-nya dengan cepat meninggalkan tubuh kasarnya.

Sedangkan insan yang tidak terlalu baik dan tidak terlalu jahat, alayavijnana-nya agak lambat meninggalkan tubuh kasarnya. Namun cepat atau lambatnya alayavijnana meninggalkan tubuh kasarnya, masing-masing individu itu berbeda-beda, diperkirakan memakan waktu antara sepuluh hingga duabelas jam. Dan setelah meninggal dunia, bagi yang tidak langsung terlahir kembali, alayavijanana-nya akan memasuki periode Antarabhava. Selama periode Antarabhava ini, mungkin saja sehari dua hari kemudian alayavijanana sudah bertumimbal lahir, namun ada juga yang harus menunggu seminggu atau dua minggu kemudian baru bertumimbal lahir, paling lama adalah tujuh minggu yakni 49 hari barulah terlahir kembali sesuai dengan karma masing-masing.

Boleh dikatakan, bahwa bagian badan yang terakhir menjadi dingin itulah bagian terakhir yang ditinggalkan oleh alaya-vijnana, namun janganlah meraba-rabanya dikarenakan rasa ingin tahu. Yang dimaksud antara sepuluh hingga duabelas jam, hanya perkiraan pada keadaan umum. Keadaan cuaca ditempatnya juga ikut mempengaruhi, jika cuaca lebih panas maka akan lebih cepat dan sebaliknya. Waktu diperpendek atau diperpanjang sesuai dengan keadaan cuaca di tempat tersebut.
 


Petikan dari buku berjudul :
Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia
Diceramahkan oleh Upasaka Yu Ding-xi





   

說明神識何時離開軀體

神識出離之遲速,與病者生平之行為品德,有直接關係。簡單的說,極善極惡之人,以及往生聖境者,去得最快。一般普通人,去得較慢。例如:忠於國家、孝養父母、仁慈不殺、利人濟世,這種種人,因為正氣上昇的緣故,直接生善道,(天道人道)所以去得快,又如:奸險陰毒、窮兇極惡、忤逆不孝、殺業太重,這種種人,因為邪氣下沉的緣故,直接生惡道,(畜生道餓鬼道地獄道)所以去得也快。一心念佛蒙佛接引往生佛淨土者,或修禪定證無生出三界者,其中有預知時至身無病苦安詳念佛或入定而去者,當然直登聖境去得更快。普通非大善大惡之人,去得就慢了,但時間早遲各有不同,所以必須假定十至十二小時也。從身死之後,尚未受後生果報之前的過度時期,名為中陰身。有於一天二天受後生果報者,有於一七二七受後生果報者,最久七七四十九天決定受生。

就象徵來說,最後去的地方,最後冷,但切忌試探冷暖。所謂十至十二小時,係就一般情形而說。但又須視天氣及地方之宜與不宜,酌量可能性,將時間或縮短一點,或延長一點,均無不可。