Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 163




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  163

Tanya :
Bagaimana cara membantu ayahbunda yang telah lanjut usia agar membangkitkan keyakinan pada Ajaran Buddha, saat menjelang ajal dapat bertemu kalyanamitra, melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Dapat mengantar ayahbunda ke Alam Sukhavati, ini adalah bakti yang besar, dalam hal berbakti pada ayahbunda, tiada yang lebih unggul lagi daripada ini. Setelah ayahbunda terlahir ke Alam Sukhavati dan menjadi Buddha, bukan hanya bisa selamanya terbebas dari tumimbal lahir, juga selamanya terlepas dari Dasa Dharmadhatu (sepuluh alam Dharma). Setiap praktisi pelafal Amituofo juga harus bersikap sedemikian terhadap ayahbundanya, ini adalah bakti yang besar.

Bagaimana cara untuk mempengaruhinya? Yakni diri sendiri harus mampu mengamalkannya, dimulai dari diri sendiri, dari niat hatiku untuk mengamalkannya, dari tindakan untuk mewujudkannya, sehingga dapat menggugah ayahbunda. Terutama juga harus menggunakan kesempatan dengan baik, saat ayahbunda sedang bersukacita, atau saat sedang bersantai, gunakanlah waktu ini untuk menceritakan tentang melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, juga kisah-kisah mereka yang telah terlahir ke Alam Sukhavati, tentu saja yang waktunya tidak jauh dari saat sekarang ini, bagaimana mereka melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, muncul tanda-tanda istimewanya, setelah mendengarnya tentu saja akan membuat orang jadi terharu, sering menceritakan kisah-kisah ini kepada orangtua, menyarankan pada mereka bahwa melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati adalah keunggulan yang tiada bandingnya, barulah dia akan melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:如何幫助年邁的父母對佛教生起正信,臨終能遇到善緣,念佛往生西方極樂世界?
答:能把父母送到西方極樂世界,這是大孝,孝順父母沒有比這個更殊勝了。父母生到西方極樂世界去作佛,不但永遠脫離輪迴,也永遠脫離十法界。每個念佛的同學對老人都要有這分心,這是大孝的心。怎麼去影響他?必須自己真做,從自己做起,從我心做起,從我身做起,感動父母。尤其是掌握機會,在父母歡喜的時候,或者在吃飯的時候、悠閒的時候,多講一些念佛求生淨土的道理,以及往生殊勝果報的故事,像《淨土聖賢錄》、《往生傳》,當然最好是近代的念佛往生瑞相希有的例子,這些聽了很能感動人。多說這些故事給老人聽,勸導老人認知念佛往生是無比的殊勝,他才能萬緣放下,一心專念。(摘錄自21-505-01

臨終助念答問
淨空法師主講