Senin, 11 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 136



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  136

Tanya :
Setelah pasien menghembuskan nafas terakhir diantar ke rumah duka untuk dibekukan, kemudian kelompok Zhu Nian membantu melafal Amituofo selama sehari semalam, setelah diperabukan muncul lebih dari 60 butir sarira, mengapa almarhum belum pernah mengenal Buddha Dharma juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Kondisi sedemikian ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah kejadian ini memang benar adanya, yakni sepanjang hidup ini meskipun belum sempat mengenal Ajaran Buddha, namun pada masa kelahiran lampau, dasar pelatihan metode Sukhavati nya sangat tebal, seperti orang Korea yang bernama Jin Shan-ri, pada masa kelahiran lampaunya, dasar melatih dirinya begitu mendalam dan tebal,  benih masa kehidupan lampau sangat mendalam, begitu benih ini bertemu dengan faktor pendukung maka akan menghasilkan buah akibat, maka itu pada kelahiran ini dapat memperoleh manfaat. Sepanjang hidup belum pernah bertemu Buddha Dharma, tidak tahu tentang melafal Amituofo, saat menjelang ajal sanak keluarga mengundang sahabat Dharma untuk membantu melafal Amituofo, jodoh ini sudah masak, dengan demikian hal ini ada kemungkinannya.

Kemungkinan kedua adalah kejadian ini adalah palsu, sarira nya dapat ditaruh di telapak tangan dan diuji, kalau begitu ditekan bisa hancur, maka ini bukan yang asli; jika yang asli, meskipun dipukul dengan palu juga takkan hancur.

Master Tan Xu ketika wafat di Hongkong, orang barat ketika melihat sarira nya merasa sangat heran, mengambil sariranya untuk diuji, menggunakan palu untuk memukulnya, sarira sangat kokoh, ternyata sarira tidak pecah, malah permukaan palu yang jadi tidak rata lagi, orang barat jadi percaya. Sarira palsu akan mudah hancur meskipun hanya ditekan dengan tangan saja.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:人斷氣後送殯儀館冰凍,後經助念團助念一日一夜,火化有六十多顆舍利子,為什麼往生的人從來未接觸佛法也能這麼殊勝?
答:這有兩種情形,一種是真的,就是這一生雖然沒有接觸佛法,但過去生淨土修行底子很厚,像韓國人金善日,他過去生中修的基礎很深厚,往昔的因深,遇到緣就可以,所以這一生能夠得利益。一生沒有遇到佛法,不知道念佛,臨終時家親請念佛人來助念,這個緣成熟,這樣也有可能。另外一種是假的,可以放在手上做實驗,如果一捏就碎,那就不是真的;如果是真的,鐵鎚都敲不爛。倓虛法師在香港往生的時候,外國人看到他的舍利覺得很稀奇,拿他的舍利來做實驗,用鐵鎚敲,舍利子很堅固,果然敲不爛,鐵鎚反而凹進去,外國人相信了。所以到底是真的還是假的,用力捏一下就知道了。(摘錄自21-251-01


臨終助念答問
淨空法師主講