Kamis, 07 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 133



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian   133

Tanya :
Ada orang yang saat menjelang ajal baru mengenal Ajaran Buddha namun bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, ini merupakan jalinan jodoh yang bagaimana?

Jawab :
Waktu dulu di Washington, D.C., ada seorang pengusaha toko roti yang bernama Tuan Zhou Guang-da, dia tidak memiliki keyakinan agama, namun orangnya baik, menderita penyakit kanker ganas, dokter juga sudah menyatakan menyerah,  akhirnya keluarganya membawanya pulang ke rumah. Saat ini sanak keluarga berkeliling ke vihara-vihara untuk memohon pada Buddha dan Dewa, siapa tahu ada cara mujizat untuk penyembuhannya, akhirnya mereka sampai di Pureland Learning Society cabang Washington.

Di dalam vihara ini ada seorang sahabat Dharma yang begitu ramah dan hangat, ketika berkunjung ke rumah pasien, memberi ceramah agar pasien jangan melekat pada jasmani ini, sambil menjelaskan tentang keistimewaan Alam Sukhavati, menasehatinya agar menfokuskan pikiran melafal Amituofo.

Zhou Guang-da sungguh berjodoh, tanpa keraguan sedikitpun dia langsung menerima saran sahabat Dharma, dia memutuskan berhenti makan obat, bahkan meminta keluarganya tidak perlu mencari dokter lagi, semuanya membantunya melafal Amituofo.

Vihara juga mengatur beberapa umat untuk bergiliran membantunya melafal Amituofo, pasien melafal dengan sangat baik, dia berkata bahwa saat dia melafal Amituofo, penderitaan sakitnya tiada lagi. Tiga hari kemudian dia menghembuskan nafas terakhir. Tiga hari saja dia sudah meninggal dunia, tidak sempat belajar Buddha Dharma, tidak berTrisarana, juga tidak pergi menerima sila, sesungguhnya sejak dia membangkitkan tekad melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, maka langsung berTrisarana kepada Buddha Amitabha.

Tiga hari sebelum ajal mendengar Buddha Dharma, tiga hari tiga malam melafal Amituofo tiada henti, sesuai dengan apa yang tercantum dalam Sutra Usia Tanpa Batas yakni “membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, dengan demikian satu arah dan satu tujuan, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, sanak keluarga dan beberapa orang sahabat Dharma, hanya belasan orang membantunya meraih keberhasilan, ini adalah sebuah perumpamaan yang bagus.

Mengapa hanya dalam waktu singkat dapat meraih keberhasilan? Karena begitu mendengar ceramah dia langsung menerimanya, tiada keraguan, langsung mengamalkannya.  Pada masa kelahiran lampaunya dia juga melatih pintu Dharma ini, namun saat itu dia belum berhasil, akhirnya pada kehidupan sekarang ini dia mendengar lagi Ajaran Sukhavati, memunculkan kembali akar kebajikan masa kelahiran lampaunya, gigih tanpa gentar, melepaskan segala kemelekatan, tiada sedikitpun tidak rela, maka itu tanpa rintangan meraih keberhasilan.

Yang paling istimewa adalah sepanjang hidup tidak memiliki keyakinan pada Ajaran Buddha, setelah mati juga tidak percaya pada Ajaran Buddha, namun saat berada di periode Antarabhava barulah mendengar Buddha Dharma, kemudian mengikuti hadirin melafal Amituofo, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:有人臨終前幾天才接觸佛法就能往生,這是什麼因緣?
答:早年在美國華盛頓D..,有一位開麵包店的周廣大先生,他沒有宗教信仰,人很善良,得了嚴重的癌症,醫院已經放棄治療,家人只好把他帶回家。這時候家人求佛問神,到處拜,看有沒有辦法救,於是找到華盛頓淨宗學會。會裡有一位非常熱心的同學,去看他的時候,就開導他不要留戀這個身體,並且講西方極樂世界的好處,叫他一心念佛。他真有緣,不懷疑就接受了,也不吃藥了,而且叫家人不要再找醫生,統統來念佛幫助他。學會也請了幾位同學輪流幫忙助念,他念得很好,他說念的時候痛苦沒有了。三天就往生,沒有學佛,沒有皈依,也沒有受戒,其實在他一發願念阿彌陀佛求生淨土,當下就皈依了阿彌陀佛。臨終前三天聞到佛法,三天三夜念佛不間斷,符合《無量壽經》上所講的「發菩提心,一向專念」。這樣一個方向、一個目標專念,家親眷屬,還有幾位佛友,只有十幾個人,就成功了,這是個很好的例子。
為什麼短時間接觸能成功?因為他聽到就能接受,不懷疑,馬上就幹。過去生中修過這個法門,那一生沒修成,這一生在臨終時聽到,把宿世的善根引發出來,勇猛精進,萬緣放下,沒有一絲毫留戀,所以很順利就成就。更希有難得的是一生不信佛,死了也不信佛,死後在中陰身聞到佛法,跟著助念的人念佛,也能往生。(摘錄自12-17-1813

臨終助念答問
淨空法師主講