Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 82



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  82

Tanya :
Para sahabat Dharma membangkitkan ketulusan membantu pasien melafal Amituofo, namun belum tentu bisa sependapat, bagaimana caranya agar pada detik-detik yang menentukan ini dimana pasien akan segera menghadapi ajalnya, para sahabat Dharma dapat satu pandangan dan pemahaman, tidak saling bertentangan? Jika harus melepaskan pendapat sendiri, maka bagaimana lagi bisa melanjutkan Zhu Nian?

Jawab :
Lepaskanlah pendapat sendiri, maka sepatah Amituofo ini takkan terhambat! Mengulang sepatah Amituofo, namun antara saya dan dia masih ada prasangka, maka ini akan merusak ketrampilan melafal Amituofo. Maka itu saat melakukan Zhu Nian, menfokuskan pikiran menggunakan lafalan Amituofo untuk membantu pasien, mengingatkan pasien, antara sesama pelaksana Zhu Nian jangan ada perbedaan pendapat, dengan adanya perbedaan pendapat, maka dengan sendirinya akan merusak pancaran gelombang pikiran melafal Amituofo, anda mencelakai pasien itu, kelak ketika diri sendiri yang akan menghadapi ajal, maka akan ada orang lain juga yang akan mencelakai dirimu,  Hukum Karma memang begitu, maka itu dalam melakukan Zhu Nian harus melepaskan prasangka.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:同學發心為人助念,但知見未必相同。請問在臨終者的生死緊急關頭,如何能做到見和同解、口和無諍?如果都放棄自己的意見,又如何繼續助念?
答:意見放棄,這一聲阿彌陀佛還是不妨礙!念這一聲佛號,彼此還有成見,就把念佛的功夫破壞掉。所以助念的時候,一心一意用這句佛號去幫助往生的人、提醒往生的人,彼此決定不能有意見,有意見,你的意念自然就破壞念佛的磁場,你是去害他,你害他,將來自己往生,也有人害你,因果報應就是這樣,所以助念必須把成見完全放下。(摘錄自21-388-01

臨終助念答問
淨空法師主講