Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 28



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 28

Tanya :
Di rumahsakit Hongkong, begitu pasien menghembuskan nafas terakhir, jasadnya langsung dimasukkan ke kantong mayat, sayangnya di Hongkong tidak ada perkampungan Amitabha dimana almarhum dapat disemayamkan dan dilafalkan Amituofo, bagaimana sebaiknya?

Jawab :
Tentu saja cara terbaik adalah membangun perkampungan Amitabha di Hongkong, membantu orang lain melafal Amituofo di saat menjelang ajalnya. Jika di Hongkong tidak ada persyaratan sedemikian, maka cara yang terbaik adalah ketrampilan melafal Amituofo diri sendiri haruslah mahir, saat menjelang ajal tiada lagi yang perlu dikhawatirkan.  Saat menghembuskan nafas terakhir, langsung terlahir ke Alam Sukhavati, tidak perlu melewati periode Antarabhava, ini hanya dapat dilakukan oleh praktisi yang sudah mahir ketrampilan melafal Amituofo nya; bagi yang belum mahir, masih memerlukan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo), jalinan jodoh masing-masing individu tidaklah sama.

Di Tiongkok ada sebagian vihara contohnya Dongtian Mushan, Baiguo Xinglong dan sebagainya adalah merupakan vihara yang memberi pelayanan pada insan di kala menjelang ajal, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

 Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:在香港醫院死亡後,屍體立刻打包,可惜香港沒有彌陀村可以助念送往生,應如何才好?
答:當然最好的方法是在香港建個彌陀村,幫助念佛人臨終助念往生。如果香港沒有這種條件,更好的方法是自己念佛功夫成熟,臨終的時候沒有後顧之憂。真正往生是一斷氣就到極樂世界去,沒有中陰,這是真正功夫成片的人才能做到;功夫差一點的,需要助念,各人緣分不相同。國內有些道場,像東天目山、百國興隆寺等不少道場,都重視臨終關懷,都值得我們參考。(摘錄自21-422-01

臨終助念答問

淨空法師主講