Selasa, 22 Juli 2014

Praktisi yang berhasil atau belum 01



Membahas tentang praktisi yang berhasil atau belum terlahir ke Alam Sukhavati
(Bagian 1)

Ketika Buddha Sakyamuni berada di Taman Jetavana di Sravasti, membabarkan Amitabha Sutra, memuji Alam Sukhavati, menasehati para makhluk agar membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Di dalam sutra tercantum : “Manakala saat kini Saya memuji manfaat dari jasa kebajikan Buddha Amitabha yang tak terbayangkan, di penjuru Timur juga ada Buddha Akshobhya dan para Buddha lainnya, di penjuru Selatan ada Buddha Chandrasuryapradipa dan para Buddha lainnya, di penjuru Barat ada Buddha Amitayus dan para Buddha lainnya, di penjuru Utara ada Buddha Maharciskamdha dan para Buddha lainnya, di penjuru bawah ada Buddha Simha dan para Buddha lainnya, di penjuru atas ada Buddha Brahmaghosa dan para Buddha lainnya, masing-masing di negeriNya sendiri menjulurkan lidahNya yang panjang dan lebar, mengeluarkan ucapan yang tulus dan nyata, oh para makhluk sekalian, seharusnya yakin pada jasa kebajikan terpuji yang tak terbayangkan dan sutra yang dilindungi oleh seluruh Buddha ini”.

Usaha terlahir ke Alam Sukhavati merupakan masalah terbesar dalam kehidupan manusia, para Buddha di enam penjuru alam, memberi pujian secara bersamaan. Bagi mereka yang dapat membangkitkan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo berniat terlahir ke Alam Sukhavati, maka pasti dapat terlahir di sana, ini adalah hal yang benar dan nyata adanya, setiap insan seharusnya membangkitkan keyakinan pada kebenaran ini!

Tanya :
Andaikata dikatakan bahwa semua praktisi pelafal Amituofo bisa terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi mengapa saya melihat ada banyak anggota Sangha maupun umat berkeluarga yang dalam keseharian selalu melafal Amituofo, senantiasa mengatakan berniat terlahir ke Alam Sukhavati, sampai tiba saat menjelang ajalnya, malah mati dalam kondisi kebingungan, tidak banyak praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, bagaimana menjelaskan hal ini?

Jawab :  
Ini karena pada saat praktisi tersebut menjelang ajalnya, faktor pendukung (jalinan jodoh) nya tidak sempurna. Pada saat menjelang ajal, andaikata jalinan jodohnya dapat sempurna, maka setiap praktisi pasti dapat berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Tanya :
Apa yang dimaksud dengan faktor pendukung (jalinan jodoh)?

Jawab :
Praktisi itu dalam kesehariannya mampu membangkitkan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo berniat terlahir ke Alam Sukhavati, ketika tiba saat menjelang ajalnya, dia juga mampu seperti biasa membangkitkan keyakinan benar, tekad menyeluruh dan melafal Amituofo, niat pikiran ini adalah faktor pendukung berupa kekuatan sendiri.

Andaikata dalam keseharian tidak tahu untuk membangkitkan keyakinan, tekad, melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati, sampai saat menjelang ajal, bertemu dengan kalyanamitra (sahabat Dharma)  yang memberi ceramah padanya, sehingga dia membangkitkan keyakinan, tekad, berniat terlahir ke Alam Sukhavati. Hati yang membangkitkan keyakinan, tekad dan niat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, juga adalah faktor pendukung berupa kekuatan sendiri.

Guru Pembimbing Alam Sukhavati yakni Buddha Amitabha dan namaNya yang penuh dengan segala kebajikan, sehingga para makhluk dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah faktor pendukung kekuatanNya. Saat menjelang ajal bertemu dengan para sahabat Dharma yang melakukan Zhu Nian (Zhu Nian adalah membantu orang lain melafal Amituofo), ini juga merupakan faktor pendukung kekuatan di luar diri sendiri.      

Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

論念佛人臨終往生與不往生的道理

()


釋迦牟尼佛在舍衛國只樹給孤獨園,說【阿彌陀經】,讚歎西方極樂世界依正莊嚴,勸諸眾生,發願往生。經中說:「如我今者,讚歎阿彌陀佛不可思議功德之利。東方亦有阿(門內三人)佛等,南方世界,有日月燈佛等,西方世界,有無量壽佛等,北方世界,有焰肩佛等,下方世界,有師子佛等,上方世界,有梵音佛等,同出廣長舌相,說誠實言,汝等眾生,當信是稱讚不可思議功德,一切諸佛所護念經。」往生西方極樂世界是一大事因緣,六方諸佛,同聲讚歎。凡有生信、發願、念佛求生極樂世界,就必定能夠往生,實事實理,各宜諦信!

問:念佛的人若是說統統都能夠往生西方。為什麼我看見有許多出家人和在家人,在平素的時候,也常常念佛,常常說要求生西方,到了臨終的時候,往往糊糊塗塗的死,沒有幾人真能往生西方,這是什麼道理呢?

答:這是行人臨終的時候,因緣不具足的緣故。臨終的時候,若是因緣能具足的話,那麼十人就有十人往生,百人就有百人往生,千萬人就有千萬人往生。

問:什麼是因緣呢?

答:行人平素真信、切願、念佛求生西方,到了臨終的時候,也如平素一樣的真信、切願、念佛,那個心念就是自力的因。如平素未知信願、念佛、求生西方的事情,到了臨終的時候,遇著善友開導,令他生信、發願、求生,這個信、願、求生的心,也是自力的因。西方極樂世界的教主阿彌陀佛及其萬德洪名,能令眾生往生極樂,這是他力的緣。臨終遇著善友助念,也是他力的緣。