Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 50



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  50

Tanya :
Ada seorang praktisi yang tinggal sendirian, melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajalnya, menggunakan mesin pelafal Amituofo atau DVD pelafalan Amituofo untuk membantunya melafal Amituofo, apakah dengan demikian dapat menuntun praktisi tersebut melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Boleh, jika tidak berhasil mengundang orang lain datang membantu melafal Amituofo, ini adalah cara yang paling bagus, harus ada suara pelafalan Amituofo yang bergema, lafalan Amituofo tak terputus siang dan malam. Seorang manusia di saat menjelang ajal, yang penting adalah ada orang lain yang mengingatkan dirinya agar senantiasa melafal Amituofo, jangan sampai lafalan Amituofo terputus, jangan sampai ada khayalan yang menyela.

Jika ada praktisi lain yang membantunya melafal Amituofo, sangat bagus; jika tidak ada, maka menggunakan mesin pelafalan Amituofo juga sangat bagus. Kadang kala saya merasa mesin pelafal Amituofo lebih bagus daripada manusia, karena manusia memiliki khayalan, sedangkan mesin pelafal Amituofo tidak memiliki khayalan; kadang kala manusia timbul niat pikiran, sedangkan mesin pelafal Amituofo membantu melafal Amituofo, tak timbul niat pikiran.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:有一位獨居念佛求生淨土的居士,當他要往生時,用念佛機或光碟助念,請問可否帶領他念佛生淨土?
答:可以,如果請不到人幫忙助念,這是一個很好的方式,務必要念佛的聲音、「阿彌陀佛」的名號,晝夜不間斷。人在臨終的時候,最重要的是有人提醒他念佛,不至於把佛號中斷,不至於有妄想。有同修幫他助念,很好;沒有,用念佛機也非常好。有時候我覺得念佛機比人還要好,因為人有妄念,念佛機沒有妄念;人有時候還會起心動念,念佛機只幫助念佛,不會起心動念。(摘錄自21-090-8421-279-01

臨終助念答問
淨空法師主講