Selasa, 05 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 109



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  109

Tanya :
Bagaimana cara melakukan pelimpahan jasa sehingga almarhum memperoleh manfaat?

Jawab :
Andaikata almarhum semasa hidupnya adalah praktisi pelafal Amituofo, adalah orang yang memahami Buddha Dharma, setelah meninggal dunia mendengar ada yang membaca sutra, mungkin mengingatkan dirinya agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, almarhum melafal Amituofo dan pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Segala upacara pelimpahan jasa adalah sebagai jodoh pendukung buat almarhum, karena takut bila almarhum lupa melafal Amituofo, barulah khusus untuk mengingatkan dirinya.

Andaikata almarhum semasa hidupnya tidak mengenal Buddha Dharma, maka besar kecilnya manfaat itu berbeda-beda. Bagaimana cara membuat pelimpahan jasa agar almarhum memperoleh manfaat?  Oleh karena wafatnya almarhum sehingga sanak keluarga barulah memupuk berkah, bernamaskara melakukan pertobatan, membaca sutra, melakukan namaskara pada Buddha, almarhum merupakan faktor pendukung sehingga sanak keluarga menimbun berkah, sehingga almarhum memperoleh satu bagian dari tujuh bagian pahala. Jika berkah yang ditimbun sanak keluarga semakin besar, maka yang diperoleh almarhum juga semakin besar.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:何以超度能使亡人得利益?
答:如果亡人在生前是念佛人,是明白佛法的人,過世後聽到誦經,可能提醒他念佛求生淨土,亡人念佛就決定得生。一切超度佛事是為亡者做增上緣,唯恐他忘記念佛,才特別提醒。假如亡者生前沒有接觸佛法,其利益大小不相等。何以超度能使亡人得利益?因為亡人命終的緣故,家親眷屬才修福、禮懺、誦經、拜佛,亡者為家親眷屬修福的增上緣,是故亡者得七分之一的福報。家親眷屬所修的福愈大,亡者得的就愈多。(摘錄自14-12-27

臨終助念答問
淨空法師主講