Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 117



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  117

Tanya :
Saat sekarang masih sibuk berbuat jahat, nanti saat menjelang ajal tinggal sehela nafas baru melafal Amituofo, apakah dapat membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab ke-18 tercantum bahwa saat menjelang ajal satu lafalan hingga sepuluh lafalan pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ucapan ini adalah benar adanya.

Tetapi jangan salahpaham, saat sekarang tidak perlu melafal Amituofo dulu, pelan-pelan saja tunggu sampai saat menjelang ajal barulah melafal. Kenyataannya banyak orang yang memiliki pikiran yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan ini, tetapi sampai saat menjelang ajal apakah dapat memastikan masih sanggup melafal Amituofo? (Petikan 12-17-1124)

Para guru sesepuh dan praktisi senior mengatakan bahwa membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati adalah membawa karma lama dan tidak membawa karma baru; membawa yang lalu dan bukan membawa yang sekarang, harus jelas akan hal ini. Saat kini masih menciptakan karma, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Jangan sekali-kali menganggap bahwa sekarang melakukan lebih banyak kejahatan bukanlah masalah, sampai saat menjelang ajal tinggal mempertahankan sebersit niat pikiran terakhir, maka masalah jadi beres. Teori memang mudah tetapi kenyataannya sangat sulit, apakah anda dapat menjamin saat menjelang ajal, kesadaran anda masih jelas? Apakah anda dapat menjamin bahwa sehela nafas terakhir adalah Amituofo? Apakah saat itu anda dapat melepaskan kemelekatan?  Saat menghembuskan nafas terakhir, andaikata kekotoran batin anda memang benar dikendalikan oleh sepatah Amituofo ini, tidak bereaksi, maka pada saat ini anda dan Buddha Amitabha terjalin, Buddha Amitabha datang menjemputmu; jika kekotoran batin masih bereaksi, maka Buddha takkan muncul di hadapanmu, dan malah musuh kerabat penagih hutang yang akan hadir di hadapanmu. (Petikan 12-17-0865)

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:現前還造業,等臨終最後一口氣才念佛,能帶業往生嗎?
答:《無量壽經》第十八品講臨終一念十念必定得生,這話是真的。但千萬別誤會,認為現在不念佛不要緊,臨終再念。確實有不少人動這種投機取巧的心,但是到臨終時真有把握念佛嗎?(摘錄自12-17-1124

祖師大德講帶業往生是帶舊業,不帶新業;帶過去,不帶現前,一定要清楚。現前還造業,怎能往生?
千萬別以為現在多造一點業無所謂,到臨終的時候,再來保住最後一念就好。理論上講是這樣,但事實上很難,你敢保證臨命終時頭腦清楚嗎?你能保證最後一口氣是念阿彌陀佛嗎?那個時候你真能放下嗎?往生那一剎那,如果你的煩惱確實被這一句佛號控制住,不起現行,這時候就跟佛感應道交,佛來接引你;如果煩惱還起現行,佛不會現前,而是冤家債主現前。(摘錄自12-17-0865

臨終助念答問
淨空法師主講