Selasa, 05 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 110



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  110

Tanya :
Setelah seseorang meninggal dunia, dalam kurun waktu 49 hari berada di Antarabhava, maka sanak keluarga membuat pelimpahan jasa, ini masih efektif, tetapi setelah alayavijnana terlahir kembali, setiap tahun kita memperingati dan melimpahkan jasa kepadanya, apakah masih bermanfaat bagi almarhum?

Jawab :
Ini telah dijelaskan dalam Ksitigarbha Sutra,  dalam kurun waktu 49 hari belum tentu alayavijnana pergi bertumimbal lahir, dalam periode Antarabhava setiap tujuh hari alayavijnana akan mengulangi melakonkan adegan kematiannya (keterangan: bagi yang mati secara tidak wajar misalnya bunuh diri), dia sangat menderita, maka itu pada saat begini membaca sutra melakukan pelimpahan jasa untuknya, akan meringankan beban penderitaannya, dia akan sangat terbantu.

Jika dia sudah terlahir kembali di alam lainnya, setiap tahun menyembahyanginya memiliki dua makna, tak peduli dia telah terlahir di mana saja, jasa kebajikan yang dilimpahkan kepadanya, dia akan mendapatkan sedikit, yang paling penting adalah membina kebajikan kita sendiri, senanatiasa tidak melupakan budi almarhum.

Para leluhur yang sudah lama meninggal dunia, kita juga tidak melupakan budi kebajikan mereka, terhadap ayahbunda, abang, kakak, adik, dan orang-orang yang berbudi pada kita, tentu saja tidak boleh melupakan begitu saja, seperti yang disebut sebagai “dengan mengingat mereka yang telah wafat, dapat mempertebal etika moral masyarakat”, dapat memperoleh hasil sedemikian, ini sungguh bermakna.

 

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung




問:人死後四十九天,中陰身時超度有其作用,但中陰身過後,每年祭拜做功德,去世的人如何獲得?
答:這在《地藏菩薩本願經》裡說得很清楚,四十九天,他未必去投生,中陰身每隔七天有一個變易生死,他受痛苦,所以在這個時候給他誦經超度,減少他的痛苦,他可以得到幫助。如果他投生到別道,每年祭祀有兩種意思,不管在哪一道,迴向的功德都能得到一點,更重要的意思是培養我們的德行,慎終追遠。很遠的祖先,我們都不忘他的恩德,對於最近的父母、兄弟,於我們有恩惠的人,當然更不會忘掉,所謂「慎終追遠,民德歸厚」,能夠得這樣的效果,這是很有意義的。(摘錄自21-378-01


臨終助念答問
淨空法師主講