Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 22



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 22

Tanya :
Saat ayah meninggal dunia, pikirannya tidak jernih, ada anggota keluarga yang bermimpi ayah bilang ini dikarenakan saat menutup peti jenazah, bunda menangisinya, sehingga kemelekatan ayah jadi muncul dan akhirnya alayavijnana ayah pulang kembali ke rumah. Setengah tahun kemudian, bunda mendengar ayah memanggil namanya, lalu jatuh sakit dan parah. Kami ingin bertanya, sebenarnya ayah terlahir kembali di mana?

Jawab :
Jika demikian halnya, maka ayahmu tidak terlahir ke Alam Sukhavati, masih sering pulang kembali ke rumah, umumnya ini adalah terlahir kembali di alam setan kelaparan. Kejadian ini adalah pelajaran yang bagus bagi praktisi pelafal Amituofo, yakni saat menjelang ajal pasti harus menuruti pedoman dalam buku “Yang perlu diketahui saat menjelang ajal”, harus membantu pasien saat menjelang ajalnya untuk senantiasa membangkitkan pikiran benar.

Meskipun telah menghembuskan nafas terakhir, Buddha membabarkan di dalam sutra bahwa dalam kurun waktu delapan jam adalah saat yang menentukan, harus menfokuskan pikiran melafal Amituofo untuk membantunya, dalam kurun waktu delapan jam masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Tetapi selama kurun waktu delapan jam ini tidak boleh ada penderitaan, meskipun melafal Amituofo, namun alayavijnana nya masih belum meninggalkan tubuh kasarnya, begitu ada yang menyentuhnya, dia segera merasa risau.

Begitu istrinya menangisinya membuat pikirannya kalut, maka itu tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Meskipun saat menjelang ajal pikirannya masih jernih, tetapi karena perasaan cintanya muncul, masih ada kemelekatan, sehingga tidak ikhlas perginya, ini adalah sebuah perumpamaan yang bagus.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung




問:家父往生時正念分明,但家人夢到他說因母親於蓋棺時哭泣,使他生起眷戀而回來。往後半年,母親每聽到父親叫她,就大病一場。請問父親往生何處?
答:這麼說是沒有往生極樂世界,還常常回家裡來,多半是在鬼道。這給念佛人一個很好的教訓,就是送往生的時候,一定要依照《飭終須知》所講的方法去做,一定要幫臨終人提起正念。縱然斷了氣,佛在經上說八小時之內,是一個關鍵的時刻,要一心念佛幫助他,八個小時內還能往生。但是臨終八小時之內決定不能有痛苦,縱然念佛,要是神識還沒有離開,一碰他就會生煩惱。他的太太一哭泣就擾亂他,因此不能往生。臨終雖然清清楚楚,但是動了感情,還有留戀,就不能走,這是一個很好的例子。(摘錄自21-350-01

臨終助念答問
淨空法師主講