Kamis, 07 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 132



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 132

Tanya :
Ada seorang praktisi kesehatannya tidak baik, banyak penyakit, setelah bertemu dengan Buddha Dharma, membangkitkan sukacita melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Saat kondisinya kritis, diopname di rumahsakit, saat menjelang ajal dia bersikeras ingin pulang ke rumah melafal Amituofo memohon terlahir ke Alam Sukhavati dan menghentikan pengobatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, beberapa sahabat Dharma membantunya melafal Amituofo.

Dia sendiri terus menerus melafal Amituofo hingga akhirnya kesadarannya menurun dan koma, Zhu Nian (membantu melafal Amituofo) terus berlangsung, setelah kondisinya koma selama delapan jam barulah menghembuskan nafas terakhir, 12 jam kemudian barulah dilap badannya dan digantikan pakaian, sekujur tubuhnya lembut dan lentur. 20 jam sejak meninggal dunia, jasadnya diantar ke rumah duka dan dilanjutkan melafal Amituofo selama tiga hari tiga malam baru diperabukan.

Keesokan harinya lewat jam dua menjelang pagi, ada anggota keluarga yang mendadak terbangun, melihat di dalam dan di luar rumah ada cahaya merah yang bergerak mengambang, fenomena ini berlangsung sekitar lebih dari 20 menit barulah lenyap. Dengan munculnya cahaya merah ini apakah dapat memastikan bahwa almarhum telah memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha dan terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Ini adalah tanda istimewa. Dia melafal Amituofo dan memiliki keyakinan yang teguh, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, ini tercantum dalam Sutra Usia Tanpa Batas, 48 tekad agung Buddha Amitabha. Berhasil atau tidaknya terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung sebersit niat pikiran terakhirnya, jika sebersit niat pikiran terakhirnya adalah terlahir ke Alam Sukhavati, maka pasti akan terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu, saat menjelang ajal Zhu Nian(membantu melafal Amituofo) amat penting, membantunya, mengingatkannya, jangan sampai dia tersesat, jangan sampai niat pikirannya beralih, ini adalah jasa kebajikan yang tak terhingga dan tanpa batas.

Mengantar satu orang terlahir ke Alam Sukhavati adalah membantu satu orang menjadi Buddha, jasa kebajikan yang sangat besar. Tanda istimewa orang ini sungguh bagus, sekujur tubuh lembut dan lentur, membuktikan dia pergi dengan sangat damai, tiada penderitaan, tiada ketakutan.

Jika sebaliknya saat menghadapi ajal menjadi takut mati, tubuhnya akan jadi keras dan kaku; namun jika waktu pergi begitu bebas, sedikitpun tiada rasa takut, maka tubuh akan jadi lembut dan lentur, dari sini bisa dibuat kesimpulannya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:一位同修身體不好、多病,得遇佛法後,欣聞持名念佛,求生西方極樂世界。病重住院,臨終前堅持要回家念佛求生極樂,停止治療,一心念佛,並有幾位同修幫忙助念。他本人一直念到昏迷前,助念一直持續,昏迷八小時才命終。十二個小時後沐浴更衣,身體柔軟。命終二十小時送太平間,繼續助念三天三夜後火化。火化次日凌晨兩點多鐘,家人突然醒來,發現屋子內外浮動紅光持續二十多秒鐘才消失。出現此紅光能否認為他已經蒙佛接引往生極樂世界?
答:這是瑞相。他念佛有堅定的信心,決定得生淨土,這在《無量壽經》四十八願裡都有說明。能不能往生看最後一念,最後一念是求生淨土,就決定得生。所以,臨終助念非常重要,幫助他,提醒他,不要讓他昏迷,不要讓他的念頭轉移,這是無量無邊的功德。送一個人往生就是幫一個人作佛,功德很大。他的瑞相非常之好,全身柔軟,證明走得非常安詳,沒有痛苦、沒有恐懼。在臨終的時候害怕,貪生怕死,身體是僵硬的;如果走得很自在,一點恐懼都沒有,身體是柔軟的,從這裡就能夠判斷得出來。(摘錄自21-090-66

臨終助念答問
淨空法師主講