Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 16



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 16

Tanya :
Meraba-raba jasad almarhum untuk mengetahui bagian mana yang paling terakhir hangat, sehingga mengetahui ke alam mana almarhum akan terlahir kembali, apakah tindakan ini perlu?

Jawab :
Setelah manusia menghembuskan nafas terakhir, alam mana yang akan ditujunya adalah tergantung pada sebersit niat pikiran terakhirnya. Sutra memperumpamakan kondisi saat alayavijnana meninggalkan tubuh kasarnya adalah bagaikan “kura-kura yang dilepas dari cangkangnya hidup-hidup”, beginilah penderitaannya, maka itu jangan menyentuhnya, karena menyentuhnya akan mengakibatkan amarahnya timbul, jika demikian maka sebersit niat pikiran terakhirnya adalah kebencian, sebagian besar akan jatuh ke neraka, ini sungguh merugikan almarhum.

Setelah seseorang meninggal dunia, ada orang yang ingin mengetahui bagian mana yang terakhir masih hangat, penasaran ingin tahu ke mana almarhum akan menuju, sebaiknya jangan menyentuhnya karena belum pasti alayavijnana sudah meninggalkan tubuh kasarnya, jika alayavijnana telah keluar, tidak masalah, jika belum, maka ini sungguh merugikan almarhum.

Jika ingin menyentuhnya, tunggulah hingga delapan jam kemudian, yang paling aman adalah 12 jam sejak pasien menghembuskan nafas terakhir, ini barulah benar-benar menyayangi dan melindunginya. Harus memiliki pengetahuan ini barulah dapat membantu orang lain dan membantunya agar berhasil, kalau tidak, malah akan mencelakainya.

 Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:為亡者檢驗暖氣在什麼地方,好知道他到善道,還是惡道,這有必要嗎?
答:人臨終最後一口氣斷了,到哪一道投胎是看最後一念。經典比喻神識離開身體的狀況,猶如「生龜脫殼」般的痛苦,所以不要觸碰他,觸碰很容易引起他的瞋恚心,在這個關鍵時刻,最後一念生瞋恚,多半落到地獄道,這對亡者非常不利。人過世後,有些人想看看暖氣在什麼地方,好知道他到善道,還是惡道,最好不要觸摸,因為不知道神識有沒有離開,如果神識離開了,沒有問題;反之,對他就不利。
如果要探測,等八小時之後,最安全是斷氣後十二個小時,這才是真正愛護他、幫助他。要有這些常識,才能幫助人、成就人,不然反而害人。(摘錄自19-14-068


臨終助念答問
淨空法師主講