Selasa, 05 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 101



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  101

Tanya :
Di dalam sutra tentang penyelamatan alayavijnana, tercantum bahwa cahaya Buddha adalah terang menyilaukan mata, sedangkan guru malah bilang cahaya Buddha itu lembut, jika melihatnya akan merasa nyaman, pernyataan mana yang benar?

Jawab :
Cahaya yang kuat dan menyilaukan mata adalah cahaya Mara, bukanlah cahaya Buddha, cahaya Buddha adalah lembut. Di dalam Surangama Sutra tercantum bahwa ada 50 jenis Skandha Mara, menjelaskan perbedaan antara Buddha dan Mara secara terperinci, pancaran cahaya dari Buddha akan terasa sangat nyaman, sedangkan pancaran cahaya dari Mara akan membuat panik. Sebagian orang yang tidak tahu kenyataan ini, bisa saja terjebak menganggap Mara sebagai Buddha, karena Mara juga memiliki tubuh keemasan, juga memiliki cahaya keemasan, namun dapat menimbulkan rasa seram, terhadap dirinya timbul rasa hormat dan juga rasa takut, sedangkan Buddha dan Bodhisattva diliputi maitri karuna, dibawah pancaran cahaya Buddha takkan ada rasa seram, perasaan tidak aman.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:《度亡經》描述佛光是強烈耀眼的光,而老法師卻說佛光是柔軟的,接觸到會很舒服,這是怎麼回事?
答:強烈耀眼的光是魔的光,不是佛光,佛光是柔和的。《楞嚴經》裡講五十種陰魔,把佛跟魔辨別得很清楚,佛的磁場會感到很舒適,魔的磁場則會感到很緊張。一般人如果不知道這個事實,往往會把魔看成佛,因為魔也有金色身,也有金色光明,但會有畏懼感,對他是又敬重又害怕,但是佛菩薩一片慈悲,在佛光下不會有恐懼、不安全的感觸。(摘錄自21-307-01


臨終助念答問
淨空法師主講