Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 156



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  156

Tanya :
Sepanjang hidup ini melatih pintu Dharma pelafalan Amituofo dengan sangat bagus, namun saat menjelang ajal rintangan karma muncul, tidak ingin orang lain membantunya melafal Amituofo, bagaimana sebaiknya?

Jawab :
Turuti saja apa maunya! Saya juga pernah melihat kejadian serupa ini, dalam keseharian melafal Amituofo hingga begitu bagus, saat menjelang ajal malah takut mati, tidak mau orang lain membantunya melafal Amituofo, begitu mendengar lafalan Amituofo, jadi tidak suka dan menolak, setelah mati maka mengikuti kekuatan karmanya berputar di enam alam tumimbal lahir. Maka itu praktisi pelafal Amituofo terhadap teori tidak boleh tidak dipahami, kelahiran dan kematian adalah fenomena alamiah, yakni seperti sekarang yang disebut dengan proses metabolisme (proses dimana sel-sel yang sudah mati digantikan dengan sel-sel yang baru).

Manusia takkan hanya memiliki satu kehidupan ini saja, masih ada kehidupan masa lampau dan yang akan datang.  Jika terhadap kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia dapat dipahami, maka terhadap kelahiran takkan terlalu senang, terhadap kematian juga takkan terlalu takut, lahir dan mati ibarat mengganti baju begitu leluasanya, sedikitpun takkan ada rasa seram, meninggalkan tubuh kasar ibarat menanggalkan pakaian, memasuki tubuh baru ibarat mengenakan baju baru.

Dalam keseharian, hal ini harus sudah dipahami sehingga saat menjelang ajal takkan panik lagi.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:這一生修念佛法門修得很好,可是臨終業障現前,不要人來助念,請問這時候該怎麼辦?
答:只好隨他去了!我也曾經見過,平時念佛念得很好,臨終時貪生怕死,不肯讓人助念,聽到「阿彌陀佛」就討厭,死了以後,依舊搞六道輪迴。所以念佛人對於教理不能不通達,生死是一種自然現象,就是今天講的自然新陳代謝現象,人決定不是只有這一生,還有過去、未來。對於這些宇宙人生真相能明瞭,生就沒有什麼好高興的,死也沒有什麼好恐怖的,生死就像換衣服一樣的自在,絲毫恐怖都沒有,捨身受身就跟脫衣服、穿衣服沒有兩樣。這件事在平時就要瞭解,臨終時就來不及了。(摘錄自21-090-51

臨終助念答問
淨空法師主講