Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 116




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  116

Tanya :
Insan yang melakukan karma buruk, setelah bertobat dan melafal Amituofo, apakah masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Meskipun mereka melakukan Pancanantariya Karma, yakni membunuh ayah, membunuh ibu, membunuh Arahat, melukai Buddha dan memecah belah Sangha, andaikata saat menjelang ajal kesadarannya masih bagus tidak pikun, melakukan pertobatan dan melafal Amituofo, juga masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Di dalam Amitayurdhyana Sutra tercantum tentang Raja Ajatasatru yang melakukan Pancanantariya Karma yang berakibat jatuh ke Neraka Avici, saat menjelang ajal dia bertobat, melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan terlahir di bunga teratai tingkatan atas bagian menengah.

Maka itu kita tidak boleh memandang rendah pada mereka yang pernah melakukan karma buruk, mungkin saja setelah mereka bertobat, terlahir di bunga teratai yang tingkatannya lebih tinggi daripada kita. Insan yang pernah melakukan karma buruk, asalkan saat  menjelang ajal masih memiliki sehela nafas dan belum terputus, boleh menasehatinya agar bertobat, melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, tiada satupun yang takkan terselamatkan.
  
Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:造作惡業的人,懺悔念佛還能往生嗎?
答:即使造作五無間罪業,殺父、殺母、殺阿羅漢、出佛身血、破和合僧,臨終若神智清醒,能懺悔念佛還是能往生。《觀經》說,阿闍世王造作五無間罪,臨命終時至心懺悔,不僅念佛往生,而且品位是上品中生。所以我們對造作罪業的人也不能輕視,說不定他懺悔後,往生品位還比我們高。造作惡業之人,只要臨終還有一口氣沒斷都有救,可以勸他真正懺悔,念佛發願求往生,沒有一個不得度的。一生造小小的惡業,「合墮惡趣者」,墮畜生、墮餓鬼、墮小地獄的,這些罪業在修善時,「尋即解脫」,尋是指時間很短,所以聞佛名的功德不可思議。(摘錄自14-12-31

臨終助念答問
淨空法師主講