Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 57



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  57



Tanya :
Peserta Zhu Nian sebaiknya semakin banyak semakin bagus, atau hanya menghubungi beberapa orang saja?

Jawab :
Untuk membantu orang lain melafal Amituofo, pesertanya jangan terlalu banyak, jika terlalu banyak peserta maka dikelompokkan dalam beberapa grup, saling bergiliran dan bergantian. Di dalam Buddha Dharma, empat orang dihitung sebagai satu kelompok, sebuah organisasi, di hadapan pasien sebaiknya peserta Zhu Nian empat orang saja, jangan terlalu banyak, akan mengacaukan keadaan, sehingga suasana religinya jadi tidak bagus. Jika pesertanya banyak, boleh diarahkan ke ruang kebaktian pelafalan Amituofo, dan melimpahkan jasa kepada pasien, jangan bertumpuk di kamar pasien.

Waktu dulu ketika Upasaka Li Bing-nan saat menjelang ajalnya, di hadapan beliau hanya ada beberapa murid yang biasanya menjaga beliau, tetapi di ruang kebaktian pelafalan Amituofo ada 600 orang hadirin, bahkan mereka melafal selama 49 hari, siang malam tanpa henti, saya yang melihatnya juga ikut bersukacita, belum pernah ada kejadian serupa ini di Taiwan, Guru Li sungguh memiliki pahala.

Murid guru ada beberapa puluh ribu orang, kapasitas ruang kebaktian pelafalan Amituofo hanya bisa memuat 600 orang saja, banyak hadirin lainnya menanti di luar, jika melihat ada orang yang keluar dari ruang kebaktian karena sudah capek, mereka yang mengantri cepat-cepat masuk menggantikannya. Ini adalah buah akibat yang diperoleh guru dari usaha beliau mengajar Dharma di Taizhong selama 38 tahun, luar biasa tiada bandingnya.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:助念人數應愈多愈好,或是力求清淨,只通知幾個人即可?
答:念佛往生,人不能太多,如果很多人就分班。佛法裡四個人叫一眾,就是一個團體,在臨終的病人前最好是四個人,不宜太多,太多會擾亂秩序,磁場就不好。如果人多的話,可以到念佛堂去念,迴向給他,不要在他的房間。從前李老師往生的時候,就只有常照顧他的幾個學生在面前,可是念佛堂裡有六百人,而且念了四十九天,日夜不間斷,我看到很歡喜,在台灣大概是空前絕後,真的是有福報。老師的學生有幾萬人,念佛堂只有六百個座位,很多人都在外面等,看到有念累的人離開,就補進去。這是老師在台中教學三十八年的果報,無比的殊勝。(摘錄自21-388-01

臨終助念答問
淨空法師主講