Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 46



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  46

Tanya :
Di dalam buku “Bagaimana cara melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati tak mundur dari pencapaian KeBuddhaan”, ada disinggung tentang seorang pasien saat menjelang ajal benci mendengar orang melafal Amituofo, sehingga kelompok Zhu Nian beralih membaca “Ksitigarbha Sutra” membantunya melakukan pertobatan, kemudian pasien ini menjadi bersukacita mendengar lafalan Amituofo. Apakah bila bertemu dengan keadaan sedemikian, bolehkah membaca sutra judul lainnya, misalnya “Sutra Hati”, “Sutra Pintu Universal (Pu Men Pin)“ dan sebagainya, atau hanya membaca Ksitigarbha Sutra barulah efektif, apa alasannya?

Jawab :
Meskipun Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa “Semua pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang tinggi maupun rendah”, namun akar kebijaksanaan para makhluk itu berbeda-beda, terutama yang sejak kalpa tanpa awal, perbedaan rintangan karma dan tabiat yang sangat besar. Bertemu dengan keadaan ini, adalah munculnya rintangan Mara, yang pada umumnya disebut sebagai musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau yang datang merintangi, sehingga saat pasien mendengar lafalan Amituofo, hatinya merasa benci.

Pada umumnya, Ksitigarbha Sutra sungguh efektif dalam mengurai jalinan permusuhan. Setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, menyerahkan tanggungjawab besar penyebaran Buddha Dharma di dunia ini kepada Bodhisattva Ksitigarbha, dengan perkataan lain, setelah Buddha Sakyamuni tidak berada di dunia ini lagi, maka Bodhisattva Ksitigarbha adalah mewakili Buddha, statusNya tidak sama dengan Bodhisattva lainnya.

Di dalam uraian tentang “Ksitigarbha Sutra” tampak keunggulan dan kewibawaan sutra tersebut, sungguh tak terbayangkan, sepanjang hidupNya Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma, dalam pesamuan Dharma yang mana yang hadirin pendengarnya adalah para Buddha Tathagata?

Meskipun Avatamsaka Sutra juga begitu luar biasa, namun hanya Ksitigarbha Sutra, para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru juga datang menjadi hadirin pendengar, sehingga dapat diketahui betapa langkanya kewibawaan ini. Tentu saja hasil dari sutra ini juga sangat istimewa, maka itu, umumnya pembacaan “Ksitigarbha Sutra” akan menimbulkan hasil yang tak terbayangkan, ini sungguh beralasan. 

Jika melafal sutra judul lainnya juga efektif , ini karena sutra tersebut berjodoh dengan pasien. Bodhisattva Avalokitesvara juga memiliki jalinan jodoh istimewa dengan dunia ini, jika tidak ingin membaca Ksitigarbha Sutra dan memilih membaca “Sutra Pintu Universal (Pu Men Pin)“, hasilnya juga akan sama.  

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:《怎樣念佛往生不退成佛》書裡,提到一位病者臨終厭惡聽佛號,助念團就改念幾卷《地藏經》替他懺悔,之後這個病者就歡喜聽佛號了。請問如果以上狀況出現時,可否念其他經典,如《心經》、《普門品》等,或是只念《地藏經》才有效果,原因何在?
答:世尊雖然說「法門平等,無有高下」,但是眾生的根性不同,尤其是無始劫來業障習氣差別很大。遇到這種情形,顯然是魔障現前,也就是一般所說的冤親債主來障礙,使他聽到佛號就生厭煩心。一般來說,《地藏經》解冤釋結確實很有效,因為應機。世尊滅度後,佛法住持在世間的這件大事,確實是委託給地藏菩薩,換句話說,佛不在世,地藏菩薩是代理佛,他的身分跟其他菩薩不同。我們在《地藏菩薩本願經》序分裡看到它的殊勝莊嚴,不可思議,釋迦牟尼佛一生講經說法,有哪個法會的聽眾都是諸佛如來?就算是《華嚴經》也沒有這麼殊勝,唯獨《地藏經》,十方諸佛如來都來做聽眾,就曉得這種莊嚴是希有的,這部經的功效當然也是希有,所以,一般念《地藏經》都產生不思議的效果,是有道理的。如果念其他經也有效果,就是與他有緣。觀世音與這個世間也有特別的因緣,不念《地藏經》念《普門品》,相信也是一樣。(摘錄自21-090-58


臨終助念答問
淨空法師主講