Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 93



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  93

Tanya :
Selama berada dalam periode Antarabhava, akan bertemu dengan kondisi yang bagaimana?

Jawab :
Di dalam Ksitigarbha Sutra tertera bahwa “Alayavijnana yang berkelana, selama belum ditentukan hasil perbuatannya, ibarat orang bisu dan tuli”.  Alayavijnana dalam istilah umum disebut sebagai arwah. Disebut pengelana karena gerakannya yang sangat lincah dan mengambang tidak tetap. Selama berada dalam periode Antarabhava adalah ibarat bisu dan tuli, kebingungan, beginilah keadaannya selama 49 hari. (Petikan 14-12-27)

Buddha berkata bahwa alayavijnana selama berada dalam periode Antarabhava adalah bingung dan bimbang, melihat pemandangan luar ibarat hamparan kabut yang luas, gelap dan tidak jelas, tempat mana yang berjodoh yang akan ditujunya maka akan memancarkan cahaya, alayavijnana akan tertarik berjalan ke arah yang ada terangnya. Kecemerlangan cahaya masing-masing enam alam tumimbal lahir berbeda-beda. (Petikan 01-07-04)

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:中陰身期間,會遇到哪些狀況?
答:《地藏經》云,「冥冥遊神。未知罪福。七七日內。如癡如聾」。「冥冥遊神」就是佛法裡講的阿賴耶識,世俗人指的靈魂。佛家講遊神很正確,講靈魂是恭維的話,因為靈魂決定不靈,如果靈,怎麼會到惡道去?孔老夫子在《易經》裡稱遊魂,與佛家講遊神,都講得很有道理,因為他的速度很快,漂浮不定,確確實實是遊魂。《易經》裡講「遊魂為變」,變就是去投胎,去換一個身體,這時候真的是「如癡如聾」,痴痴呆呆的,七七日內就處在這種狀況。(摘錄自14-12-27

佛講中陰身是迷迷糊糊的,看到外面的空間就像大霧一樣,既黑暗又看不清楚,哪個地方有緣分就看到那裡有光明,就會循著那個光明去找緣分。光的色彩、大小都不一樣,這就是六道的差別。(摘錄自01-07-04

臨終助念答問
淨空法師主講