Senin, 28 Juli 2014

Tanya jawab seputar Antarabhava 01



Tanya jawab seputar Antarabhava
(Bagian 1)

Tanya :
Setelah orang awam meninggal dunia, maka selama 49 hari sanak keluarga harus bervegetarian melafal Amituofo, memupuk berbagai jasa kebajikan untuk dilimpahkan kepada almarhum, apa maknanya?

Jawab :
Andaikata almarhum telah terlahir ke Alam Sukhavati, maka selama 49 hari sanak keluarga harus bervegetarian melafal Amituofo, memupuk berbagai jasa kebajikan untuk dilimpahkan kepada almarhum : di satu sisi dapat mempertinggi tingkatan bunga teratainya; di sisi lain, sanak keluarga juga memperoleh berkah yang tak terhingga.

Andaikata almarhum belum terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun sudah meninggal dunia, namun masih belum ditetapkan akan terlahir di alam mana, maka almarhum akan berada di periode Antarabhava. Pada waktu ini sanak keluarga melafal Amituofo buatnya, menimbun berbagai jasa kebajikan, mengembangkan akar kebajikannya dalam Ajaran Sukhavati, sehingga selama berada dalam periode Antarabhava, dapat muncul keyakinan dan tekad melafal Amituofo memohon terlahir ke Alam Sukhavati. Asalkan sanak keluarga dan dirinya telah memenuhi tiga bekal/syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, pasti akan memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati.


Tanya :
Apa makna dari Antarabhava?

Jawab :
Setelah seorang manusia meninggal dunia, kesadarannya akan meninggalkan tubuh kasarnya, sebelum dia terlahir kembali, contohnya dari kamar ini jalan keluar, sementara itu dia belum masuk ke kamar lainnya, masih berada di antara, inilah yang disebut sebagai makna Antarabhava.

Praktisi pelafal Amituofo yang begitu meninggal dunia langsung terlahir ke Alam Sukhavati, begitu pula dengan orang yang sangat baik akan langsung terlahir ke Alam Dewa, demikian pula dengan orang yang sangat jahat langsung jatuh ke Neraka Avici, jenis-jenis orang sedemikian tidak melalui Antarabhava.

Orang biasa yang tidak terlalu jahat maupun terlalu baik, harus melalui periode Antarabhava. Dalam periode ini almarhum bisa saja dalam waktu sekejab sudah terlahir kembali; atau ada yang lambat hingga sampai 49 hari baru terlahir kembali.  



Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

關於中陰的問答

()

問:凡人死了以後,那家屬在七七四十九天內還要吃素念佛,做種種功德回向給亡故的人,是什麼意思?

答:亡故的人如果是的確已生西方,那家屬在四十九天內吃素念佛做功德給亡人:一方面能增高他蓮花的品位;二方面家屬每個人得福無量。設使沒有往生西方,那麼雖然死了,尚未決定就去投生,入於中陰時期。此時家屬為他念佛,做種種功德,開發他的淨土善根,使他在中陰期中,生信發願念佛求生西方。只要家屬和他具足淨土三資糧,定可以蒙佛接引,往生西方。

問:中陰是什麼意義?

答:一個人死了,他的神識脫出以後,尚未投生以前,比如人從這個房間走出,那個房間沒有進入,尚是在中間,這是中陰的意義。念佛的人死了當下往生西方,或善人一直生天,惡人直墮無間地獄,這幾種人是不經過中陰的。普通的人,既非極惡,又非極善,都要經過中陰的時期。中陰受生,疾則一彈指頃,即向善惡六道中去;遲則或至七七日,並過七七日不等。