Sabtu, 26 Juli 2014

Sebab akibat terunggul dari pelaksana Zhu Nian



Sebab akibat terunggul dari pelaksana Zhu Nian

Ada sebab pasti ada akibat, ada akibat pasti ada sebabnya. Bila kita dapat membangkitkan ketulusan membantu orang lain melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, maka pada saat mendatang giliran kita sendiri yang menghadapi saat menjelang ajal, dengan sendirinya juga akan ada insan-insan yang membangkitkan ketulusan hati datang membantu kita melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati.

Insan lain karena saya membantunya melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, kelak dia pasti akan mengikuti Buddha Amitabha datang dari Alam Sukhavati menjemputku, dengan kemampuan gaibnya ikut melindungi diri kita, sehingga kita takkan kehilangan pikiran benar, terlahir ke Alam Sukhavati.

Dan lagi, jika kita sering membantu orang lain melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, berbagai keuntungan yang diperoleh, yang diketahui haruslah dijelaskan secara terperinci. Kelak ketika tiba giliran sendiri yang menghadapi saat ajal, maka dapat menggunakan pengalaman tempo hari, sehingga segalanya berjalan dengan benar, dapat menghindari kesalahan, sehingga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Kita harus tahu bahwa tujuan Buddha membabarkan Dharma di dunia, adalah untuk menyelamatkan dan membebaskan semua makhluk dari penderitaan tumimbal lahir, sehingga semuanya dapat mencapai KeBuddhaan. Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun, adalah untuk hal ini; 48 tekad agung Buddha Amitabha, memwibawakan Alam Sukhavati, juga demi untuk hal ini.

Semua pintu Dharma lainnya adalah mengandalkan kekuatan sendiri untuk mencapai hasil dan mewajibkan praktisinya untuk memutuskan kekotoran batin, barulah dapat keluar dari roda samsara, merupakan pintu Dharma yang sulit diamalkan. Pintu Dharma Sukhavati, adalah mengandalkan kekuatan tekad Buddha Amitabha menjemput praktisi terlahir ke Alam Sukhavati, praktisi yang belum mengikis habis kekotoran batinnya juga bisa keluar dari roda samsara dan dalam satu kelahiran dapat menyempurnakan Jalan KeBuddhaan, merupakan pintu Dharma yang mudah diamalkan.

Sekarang kita membantu orang lain melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, adalah membantu Tathagata dalam mengemban misi menyelamatkan para makhluk. Sehingga orang yang kita bantu itu dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Dari pintu Dharma yang mudah diamalkan, mengandalkan kekuatan tekad Buddha Amitabha, dalam sekejab meninggalkan roda samsara, menyempurnakan Jalan KeBuddhaan, merupakan jasa kebajikan yang paling besar.

Jasa kebajikan yang paling besar ini, menjadi benih pencapaian KeBuddhaan; kelak kita sendiri juga boleh mengandalkan jasa kebajikan ini, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, keluar dari roda samsara, dengan menggunakan benih pencapaian KeBuddhaan untuk mencapai buah KeBuddhaan, ini adalah aturan yang pasti.  

  

Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

助念人的最勝因果

有因必有果,有果必有因。我們若能發心幫助他人念佛往生西方,那麼將來我們自己到了臨終的時候,自然也會有發心的人來幫助我們念佛往生西方。他人因為我幫助他念佛得生西方的緣故,將來他決定會從西方侍阿彌陀佛同來接引,用神力加護我們,令我們不失正念,往生西方極世界。還有,我們常常幫助別人念佛往生西方,對於臨終的利害關係,知道得一定最詳細清楚。將來到了自己臨終的時候,就必定能運用過去的經驗,令一切如法,可以沒有一切不如法的事情發生,就決定可以往生西方極樂世界。

我們要曉得,如來所以出世,就是為了要度脫一切眾生,令各各成佛。釋迦如來說法四十九年,便是為了這件事;阿彌陀佛發四十八大願,莊嚴西方極樂世界,也是為了這件事。一切通途教理,是仗自力修行的,必須行人完全斷除煩惱,方能出離生死,是難行的法門。淨土法門,是仗阿彌陀佛的願力接引,往生西方極樂世界,不斷煩惱,便出生死,一生之中,圓成佛道,是易行的法門。我們現在幫助人念佛往生西方,是代替如來荷擔了度脫眾生的責任。令得到我們助念的人,往生西方極樂世界。從易行的法門,仰仗阿彌陀佛的願力,很快地出離生死,圓成佛道,是一種最大的功德。這種最大的功德,便是我們成佛的因;將來我們自己,便可以仗了這種功德,也能往生極樂世界,出離生死,圓成佛道。用成佛的因,感成佛的果,這是一定的道理。