Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 149



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  149

Tanya :
Saat menjelang ajal tidak bertemu dengan jodoh baik, bagaimana cara untuk mempertahankan pikiran benar?

Jawab :
Saat menjelang ajal apakah dapat bertemu dengan kalyanamitra membantu melafal Amituofo adalah sesuatu yang tidak dapat dipastikan, kebanyakan orang saat menjelang ajal tidak berjodoh bertemu dengan kalyanamitra, kesempatan sepanjang hidup akan terlewatkan sia-sia, sungguh disayangkan.

Jika ingin saat menjelang ajal dapat mempertahankan pikiran benar, maka dalam keseharian harus melafal Amituofo hingga menjadi kebiasaan, ibarat dalam keseharian adalah melatih prajurit, menjelang ajal adalah berperang, berhasil atau gagal adalah tergantung pada niat pikiran terakhir saat ajal berakhir. Maka itu dalam keseharian harus memelihara kebiasaan melafal Amituofo, barulah diri sendiri memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati, 20 tahun belakangan ini banyak sekali praktisi pelafal Amituofo yang menampilkan teladan, kita dapat belajar dari mereka.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:臨終的時候遇不到善緣,怎樣才能保持正念?
答:臨終時能不能遇到善友助念是一個未知數,大多數人臨終時都會遇不到善緣,一生的機緣就錯過了,非常可惜。要想在臨終時保持正念,平時念佛就是訓練,平時是練兵,臨終是打仗,成敗就在臨終最後一念。所以平時要養成,自己才真正有把握往生。近二十年來,有很多念佛往生的好榜樣,都是學習的對象。(摘錄自20-14-010312-17-0186

臨終助念答問
淨空法師主講