Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 123



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  123

Tanya :
Kesadaran tidak jelas atau saat menjelang ajal menderita koma, apakah dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Masyarakat saat kini, saat menghadapi ajal, ada berapa orang yang pikirannya masih jernih? Kita melihat dan mendengarnya secara langsung, bahkan lebih dari separuh ke atas orang yang meninggal dunia ada menderita penyakit pikun (Alzheimer), jika menderita penyakit pikun maka dapat dipastikan akan terlahir kembali menuruti kekuatan karma.

Darimana datangnya penyakit pikun atau lupa ingatan ini? Ditinjau dari segi ilmu kedokteran, penyebabnya sangat banyak, masa kini orang menyebutnya sebagai penyakit depresi, memiliki kekhawatiran, kecemasan, pikirannya tidak tenang, ada ketakutan, semua ini menjadi penyebab utama penyakit pikun.

Dari segi Buddha Dharma, penyebab yang sesungguhnya adalah terlampau banyak melakukan karma buruk, maka pikiran pun jadi tidak normal. Orangnya masih belum menghembuskan nafas terakhir, namun kesadarannya sudah menurun, bahkan tidak bisa mengenali lagi sanak keluarganya, membantunya melafal Amituofo juga tidak berguna. Melihat orang yang dalam kondisi begini, maka harus terpikir juga saat diri sendiri tua nanti juga akan mati, saat meninggal dunia apakah juga akan serupa.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:頭腦不清楚或臨終時人事不省能往生嗎?
答:現在這個社會,走的人有幾個能頭腦清楚?我們親眼所見、親耳所聞的,幾乎一半以上往生的人都有痴呆症,有痴呆症就完了,肯定隨業流轉。痴呆症怎麼來的?醫學上說的因素很多,現代人講憂鬱症,有憂慮、有牽掛,他的心不安,有恐懼,這些是造成痴呆症的主要因素。以佛法來講,真正的因素是惡業造太多,心理就不正常。人還沒有斷氣,就已經不省人事,甚至家親眷屬都不認識,助念也沒有用。看到別人這個樣子,就要想到自己也會老、也會死,死的時候會不會也像他那個樣子。(摘錄自12-17-0865

臨終助念答問
淨空法師主講