Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 68



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  68

Tanya :
Saat membantu almarhum melafal Amituofo, apakah perlu setiap jangka waktu tertentu memberi ceramah pada alayavijnana nya? Apakah memberi ceramah dengan cara demikian dapat memberi manfaat pada almarhum?

Jawab :
Tidak perlu begitu. Zhu Nian (membantu melafal Amituofo) biasanya dilakukan pada saat pasien menghembuskan nafas terakhir, ketika dokter menyatakan kematian pasien, maka ceramah boleh diberikan, sebaiknya selama 12-14 jam hanya mengulang sepatah Amituofo saja. Sebelum pasien menghembuskan nafas terakhir, saat penyakit sudah memasuki tahap kritis, jangan memberi ceramah, juga jangan melantunkan gatha, ini adalah gangguan, hanya mengulang sepatah Amituofo saja, ceramah juga hanya satu kalimat yakni “memohon terlahir ke Alam Sukhavati”, ini yang paling bermanfaat, jangan sampai dia memiliki pemikiran yang lain.

Jika dalam kurun waktu ini dia melihat kemunculan sanak keluarganya yang sudah meninggal dunia, maka segera ingatkan dirinya jangan mengikuti bayangan tersebut, harus menunggu hingga Buddha Amitabha datang menjemput, barulah boleh pergi mengikuti Buddha Amitabha; siapapun yang datang, apakah itu adalah Buddha atau Bodhisattva, jangan diladeni, jangan dipedulikan, ucapan ini sangat penting. Perkataan lainnya jangan diucapkan, hanya sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan, ini baru bermanfaat bagi pasien.

Semua ini tercantum dalam buku “Yang perlu diketahui saat menjelang ajal”, bagi mereka yang membangkitkan ketulusan membantu pasien saat mendekati ajalnya, harus memiliki pengetahuan ini, kalau tidak demikian, maka tidak dapat membawa manfaat bagi pasien, malah akan menimbulkan dampak yang sebaliknya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:學淨土的同修助念,需不需要每隔一段時間,給亡人做中陰開示?如果開示,亡人會得到利益嗎?
答:沒有必要。助念通常是在斷氣後,醫生宣布死亡的時候開始,最好到十二個小時、十四個小時,這段時間就用一句佛號幫他助念。在臨終之前、病重的時候,決定不要開示,不要講經,也不要唱念,這些都是干擾,就是一句阿彌陀佛,開示就一句話,「求生淨土」,這是最受用的,不能讓他有別的想法。如果在這個時候,他看到過世的家親眷屬,要提醒他不能跟他們去,等阿彌陀佛來才可以跟他走;任何人來,任何佛菩薩來,都不要去理會,這句話非常重要。其他的都不要說,就是一句彌陀念到底,對他最受用。這些事情在《飭終須知》、《飭終津梁》裡說得很清楚,發心幫助臨終關懷的人,一定要有這些常識,否則對亡者沒有好處,反而產生負面作用。(摘錄自21-415-01


臨終助念答問
淨空法師主講