Minggu, 27 Juli 2014

Waktu untuk memandikan dan mengganti pakaian



Waktu untuk memandikan dan mengganti pakaian

Setelah tubuh kasar almarhum telah dingin secara keseluruhan, tunggulah dua jam lagi, barulah boleh memandikan dan menggantikan pakaian. Tempat persendian, jika sudah kaku, boleh dikompres dengan menggunakan air panas, setelah melewati beberapa menit kemudian, persendian akan kembali lentur. Jika matanya tidak terpejam, juga dikompres dengan air panas, beberapa menit kemudian, matanya akan terpejam.

Mengenai pakaian yang akan dikenakan oleh almarhum, sebaiknya pakaian yang dikenakan dalam keseharian, sementara pakaian yang diletakkan di peti mati tak perlu terlalu banyak jumlahnya dan tak perlu yang terlalu bagus. Harus diketahui bahwa jika memamg menyayangi mendiang, maka sebaiknya mendoakannya terlahir ke Alam Sukhavati, memperoleh kebahagiaan dan kedamaian.

Hanya dengan mendoakan almarhum terlahir ke Alam Sukhavati, barulah disebut berbakti, jika hanya mementingkan harga diri, agar dipuji orang lain, sehingga mubazir dalam mengurus urusan pemakaman, sama sekali tidak membawa manfaat bagi almarhum, ini adalah kesalahan besar.



Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao

  


   

沐浴更衣的時間

亡人的身體,全部冷透以後,再停二點鐘,才可以浴身換衣。如彎節的地方,若是硬了,可將熱水用舊布打濕,搭在彎節的地方,過了幾分鐘,就會轉軟的。眼睛若是不合,亦以熱水用舊布打濕,蓋在兩眼的地方,過了幾分鐘,也會合攏來的。對於亡人穿衣服的事情,最好是平常所穿的衣服,給他穿去,殮衣不必過多過好。要曉得愛亡人,最好是令他往生西方,得大安樂。唯有能令亡人往生西方,真正可以算得是孝順、是親愛、是慈愛。若只求面子好看,只要別人稱讚,光是在門面上裝點,一定要厚殮、厚葬、大發喪事,全不顧亡人本身的真實利益,這是大大的錯誤。