Selasa, 29 Juli 2014

05 Yang perlu diketahui pasien




Yang perlu diketahui pasien

Segala kondisi muncul karena adanya benih dan faktor pendukungnya, meskipun berwujud namun bersifat semu. Merupakan hasil perpaduan semu, saat benih dan faktor pendukungnya terpisah maka ini disebut dengan lenyap. Selagi masih ada jodoh maka perpaduan itu adalah semu adanya, saat jodoh sudah usai, maka perpaduan itu akan berpisah.

Maka itu sejak jaman dahulu kala hingga sekarang, segala jenis benda berwujud, hanyalah ibarat bayangan bulan di kolam dan bayangan bunga lotus di cermin, juga ibarat mimpi, khayalan, gelembung sabun dan bayangan, bagaikan korek api dan cahaya kilat, ini hanya bagaikan asap yang lewat depan mata saja. Tubuh jasmani kita bagaikan gelembung sabun, semu dan tidak kokoh, tua, lemah, sakit dan mati, penuh penderitaan dan tidak kekal, ini adalah aturan yang pasti, muncul dan lenyap, berubah-ubah.

Maka itu perjalanan hidup manusia pasti ada terminal terakhirnya, siapapun tidak bisa menghindarinya, dunia ini bagaikan tempat penginapan, saya hanya sebagai tamu sementara saja. Usia manusia hanya beberapa puluh tahun, bukan hanya menyandarkan diri pada ketenaran, keuntungan, harta benda dan nafsu keinginan, keinginan memperoleh dan takut kehilangan, suka duka dan perpisahan, berkumpul dengan yang dibenci dan berpisah dengan yang dicintai, bencana dan petaka, tekanan hidup, kerisauan, kekhawatiran, kecemasan, bergelut dalam jerih payah, bahkan harus terus berputar dalam siklus lahir mati sedemikian, melepaskan tubuh lama dan bertumimbal lahir lagi dengan tubuh yang baru, mengembara dalam kalpa yang panjang, terapung-apung dalam lautan penderitaan tumimbal lahir, menjalani siksaan jiwa raga dan tidak menyadarinya sama sekali.

Memahami bahwa segala yang ada di dunia ini muncul dan lenyap, tidak kekal, bagaikan mimpi dan khayalan, bukanlah yang sesungguhnya. Juga mengingat siksaan di tiga alam penderitaan, mudah terjatuh dan sulit untuk keluar, alam manusia penuh dengan kekeruhan, Alam Dewa mudah kehabisan berkah, tumimbal lahir tiada usainya.

Maka itu, lekaslah kembali ke jalan yang benar, semua urusan harus dilepaskan, jangan ada kemelekatan, fokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Setiap lafalan Amituofo dilafal dengan serius, saat ajal tiba, pasti memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, mengikuti Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati. Sejak itu dari orang awam beralih menjadi orang suci, memiliki kemampuan gaib bebas tanpa rintangan, usia tak terbatas, keluar dari Triloka, mengakhiri tumimbal lahir, merupakan pilihan bagi insan berkebijaksanaan tinggi. Andaikata usia pasien masih belum habis, karena jasa kebajikan dari melafal Amituofo pasti dapat melenyapkan petaka memperpanjang usia.

Andaikata diri sendiri memahami kondisi penyakit sendiri sudah parah, maka seharusnya berpesan pada sanak keluarga, setiap tamu yang datang membesuk, undanglah mereka membantu melafal Amituofo buat pasien, jangan malah mengobrol.

Jasa kebajikan melafal Amituofo tidak terbayangkan, di dalam sutra tercantum bahwa : Melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi karma buruk berat tumimbal lahir selama berkalpa-kalpa, dengan melafal sepatah Amituofo, para makhluk yang tersebar ke atas hingga Alam Dewa dan ke bawah hingga alam neraka, semua makhluk akan memperoleh manfaat. Maka itu dalam melakukan pelimpahan jasa bagi almarhum, yang paling efektif adalah dengan cara melafal Amituofo, dapat menyelamatkan almarhum yang jatuh ke dalam periode Antarabhava.  

Jika pasien dalam masa kritis melihat bayangan para musuh kerabat penagih hutang yang datang mengganggu, atau menjelma berbagai kondisi menyenangkan untuk memikat, asalkan ingat untuk tetap melafal Amituofo, maka para musuh kerabat yang mendengar lafalan Amituofo, dapat terbebas dari penderitaan, lalu pergi dengan sukacita. Maka itu jalinan permusuhan mudah terurai, rintangan karma pun jadi tereliminasi. Diri sendiri pun jadi bebas tanpa rintangan terlahir ke Alam Sukhavati.

Praktisi pelafal Amituofo mengandalkan kekuatan tekad Buddha secara keseluruhan. Maka itu menfokuskan pikiran melafal Amituofo, di tengah kolam tujuh mustika di Alam Sukhavati, akan muncul sekuntum Bunga Teratai, terukir nama sang praktisi, kelak dia akan menjelma dari Bunga Teratai-nya.   

Jika di sini melafal Amituofo dengan tekun dan tidak malas, maka di Alam Sukhavati Bunga Teratai akan memancarkan empat warna cahaya mustika, semakin hari semakin cemerlang.

Alam Sukhavati suci berwibawa, luar biasa menakjubkan, pagoda terbentuk dari tujuh mustika, kolam tujuh mustika dan air delapan jasa kebajikan membersihkan kekotoran batin, irama kebahagiaan mengalun tanpa ada yang memainkannya, cuacanya tidak dingin juga tidak panas, selaras dan nyaman, pakaian, makanan dan minuman muncul sesuai dengan keinginan.    

Di Alam Sukhavati setiap kurun waktu tertentu akan berhembus semilir angin kebajikan. Ketika hembusan angin menyentuh jaring-jaring dan pepohonan mustika, melantunkan irama suara menakjubkan.  Irama suara mengumandangkan Dharma Theravada yakni duhkha (penderitaan), sunya (kekosongan), anitya  (ketidakkekalan), Anātman (tanpa keakuan) dan Dharma Mahayana yakni semua paramita.

Lagipula hembusan semilir kebajikan akan menebarkan berbagai jenis semerbak keharuman kebajikan. Setelah insan lain mencium keharuman ini, segala noda pikiran dan tabiatnya dengan sendirinya takkan muncul.

Kebijaksanaan akan berkembang, kemampuan gaib bebas tanpa rintangan, usia tanpa batas, tiada penderitaan, yang ada hanyalah kebahagiaan.

Sebagian insan pada saat menjelang ajal, selalu mengandalkan sanak keluarganya untuk membuat pelimpahan jasa untuk menyelamatkannya, atau membuat upacara kebaktian demi harga diri. Dan tidak tahu bahwa lebih mudah bila mengandalkan diri sendiri semasa hidup belajar Ajaran Buddha, mengandalkan sanak keluarga membuat upacara pelimpahan jasa adalah sesuatu yang sulit.

Meskipun putra putri anda berbakti, setelah anda meninggal dunia, lalu mereka mengundang anggota Sangha senior untuk melakukan pelimpahan jasa kepada anda, namun almarhum hanya bisa menerima 1/7 bagian saja. 6 bagian jasa kebajikan akan dinikmati oleh yang masih hidup, juga akan kembali pada anggota Sangha yang memimpin upacara.

Maka itu sebaiknya sebelum ajal menjemput, timbunlah banyak jasa kebajikan, sehingga muncul di dalam hati sendiri, pikiran sukacita, pikiran tulus, pikiran pertobatan dan pikiran melafal Amituofo, diri sendiri memahami untuk mengandalkan kekuatan pemberkatan Triratna, memperoleh manfaat besar.

Yang paling baik adalah selagi masih sehat, diri sendiri harus membangkitkan ketulusan menimbun berkah dan kebijaksanaan, membaca sutra bertobat bernamaskara pada Buddha, bervegetarian melafal Amituofo. Memahami kenyataaan sesungguhnya dari alam semesta dan kehidupan manusia, sehingga membangkitkan tekad melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati. Namun meskipun demikian saat menjelang ajal, kegiatan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo) tetap penting dan dibutuhkan.

Sebaiknya membeli sebuah mesin pelafal Amituofo, saat jatuh sakit harus memutar dan mendengarnya, melafal Amituofo di dalam hati, telinga ditujukan untuk mendengar lafalan Amituofo, jiwa raga jadi damai, mengembangkan jalinan jodoh suci, memupuk dan membesarkan Bunga Teratai tempat kita menjelma kelak.

Kesadaran kedelapan adalah Alaya-vijnana, merupakan gudang benih karma. Bila saat ajal dapat membantu orang lain melafal Amituofo, ini akan membantu kita sendiri pada saat menjelang ajal, Zhu Nian merupakan sahabat yang tidak boleh kurang kala menghadapi saat ajal.

Petikan dari buku berjudul :
Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia
Diceramahkan oleh Upasaka Yu Ding-xi

Sumber : 人生最大的一件事
http://www.amtb.org.tw/pdf/pdf.asp?web_choice=19






人生最大的一件事


病者應有的認識

一切世間一切萬象,皆因緣所生,幻化而有。所謂因緣和合虛妄有生,因緣別離虛妄名滅。緣聚則幻有,緣散則幻無。是故古往今來一切事物,無非水月鏡花,猶如夢幻泡影,皆是石火電光,亦似過眼雲煙。身若浮泡,幻質非堅,老衰病死,苦空無常,這是必然的生滅變易的軌則,遷流而剎那不住的。故人生的旅途,亦自必有其終站,誰都無法倖免的,世界正如旅館客棧,我乃短暫過客而已。人生數十年,不但已在名利物欲、得失窮通、悲歡離合、憎會愛別、天災人禍、生活壓迫、煩惱憂慮、役形勞心之中打過滾,而且還要生生世世、捨身受身、因果旋轉、長劫漂流、出沒四生、沉淪五趣、生死夢中、萬苦交煎、虛受如此身心大苦,而不覺知。


當念世間諸所有法,都是生滅無常的,都是夢幻不實的。又念三惡道苦,易入難出,人道惡濁,天福易盡,然而業果所牽,誠難迴避。倘若再沉溺於三界,則枉受生死,輪迴無期。宜急猛回頭,將一切家事,一切身外事,悉皆放下,置之度外,不生繫戀之心,而一心一意念阿彌陀佛,求生西方極樂世界。念念不放鬆,命終之時,必定感佛親垂接引,即隨著來迎的阿彌陀佛以及聖眾,於彈指之頃,往生彌陀清淨佛國。從此超凡入聖,神通自在,壽命無量,出離三界,了脫生死,是為大智慧人也。若壽未盡,則因念佛功德決定消災延壽。


若自知病重,應咐囑家人,凡來看病問候的人,皆請他們為我念佛,不要閒談雜話。念佛功德不可思議,經云:念一句阿彌陀佛能消多劫生死重罪,念一聲阿彌陀佛,上窮有頂天,下極風輪獄,塵剎眾生,皆受布施之益。故念佛能超薦鬼神亡靈,能救度中陰。若病重時看見冤魂厲鬼來侵擾,或化作順境來誘惑,只要牢記誠懇念阿彌陀佛,冤厲邪魔聽到念佛,就能超昇脫苦,歡喜而去。因此冤結得以化解,業障得以消除。自己遂能順利往生極樂世界。


念佛之人,全仗阿彌陀佛大悲願力攝受。所以一心稱念佛號,西方七寶池中,即生蓮華一朵,標記此人姓名,他日於中托生。若在此土念佛精進不懈,則彼土蓮華放四色寶光,日益輝榮。西方極樂世界,清淨莊嚴殊勝微妙,樓閣階道七寶所成,眾妙珍異清雅香潔,寶池德水蕩除心垢,天樂常作不鼓自鳴,不寒不暑調和適宜,衣服飲食應念即至,珍奇化禽出和雅音,演說苦空無常無我,微風吹動寶樹羅網,悉演無量微妙法音,六根清徹無諸煩惱,塵勞垢習自然不起,智慧增進深達實相,神通自在壽命無量,無有眾苦但受諸樂。


一般人都是在死後,依靠家屬做佛事超薦救度,或以做佛事為場面好看。而不知在生前靠自己學佛求解脫入聖道為易,在死後靠家屬超薦得益為難。即使家屬子女虔誠恭敬延請高僧作佛事,並禮拜懺悔求佛加被一切功德,亡者於七分之中僅獲其一,六分功德歸於生者,以及歸於作佛事的出家人。所以要在臨終之前為自己作一切功德,令自己生歡喜心、虔誠心、懺悔心、念佛心,自己知道仗三寶加被之力,得大利益,則容易濟拔。最好在身體健康時,自己能發心修行修福,念經禮懺,齋戒念佛。瞭解宇宙人生的真諦,發大願,立大志,修聖道,成聖果。但臨終助念,當然也是極為重要。


應購念佛錄音帶,病中宜時時靜聽隨念,或靜聽默念。耳根常常熏聞,既省氣力,又能淨化身心,增上淨緣,長養蓮胎,八識田中熏為道種。臨終又可以方便助念,助成往生大事,實為病中不可缺少之良伴淨侶。