Jumat, 01 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 32



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 32



Tanya :
Seorang yang dalam kesehariannya begitu sehat, suatu hari mendadak jatuh ke lantai, dan mengeluh tidak enak badan, sebelum jelas akan kondisi penyakit yang diderita, dalam keadaan sedemikian, apakah boleh langsung mengundang para sahabat Dharma membantunya melafal Amituofo, atau langsung diantar ke rumahsakit untuk memperoleh pertolongan?

Jawab :
Harus terlebih dulu melihat siapa orangnya, andaikata pasien itu adalah praktisi Ajaran Buddha, maka boleh melakukannya; jika dia bukan seorang praktisi, anda bertindak sedemikian, maka sanak keluarganya akan cari masalah dengan dirimu, menyalahkan dirimu tidak langsung mengantarnya ke rumahsakit untuk mendapatkan pertolongan, sehingga menunda-nunda waktu penyembuhan, mereka bisa meminta anda membayar ganti rugi, ini namanya cari masalah sendiri.

Boleh melakukannya secara bersamaan, ada sahabat Dharma yang membantu pasien melafal Amituofo, bersamaan itu pula juga mengantarnya ke rumahsakit, dan menjaganya, cara ini lebih bagus dan aman.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:一個人平時身體很正常,有一天突然倒在地上,說身體很不舒服,在不知道病情輕重的狀況之下,是立刻叫同修來給他念佛,還是先送醫院搶救?
答:這要看是什麼人,如果是學佛人,可以這樣做;如果不是學佛人,這樣做,他的家人會來找麻煩,會說你不把他送醫急救,耽誤了急救的時間,要求你賠償,這是自找麻煩。可以雙管齊下,有些同修幫他助念,同時也送他到醫院,在醫院裡照顧他,這是兩全其美比較安全妥當的方法。(摘錄自21-415-01

臨終助念答問
淨空法師主講